Tutup Pabrik Bulan Depan, Ada Apa dengan Nissan, Mitsubishi, dan Suzuki?

merek mobil besar

topmetro.news – Beberapa merek mobil besar berencana menutup pabrik mereka. Kabar tersebut tentunya mengejutkan bagi para penggemar otomotif.

Lalu apa alasan merek mobil besar itu menutup pabrik? Ternyata adalah karena masalah keberadaan cip semikonduktor.

Menang saat ini beberapa pabrik mobil besar di seluruh dunia mengalami kekurangan cip semikonduktor. Cip penting yang seharusnya ada pada kendaraan tersebut malah tak bisa produksi lagi karena Pandemi Covid-19.

Hal itu memaksa beberapa pabrikan mobil besar di dunia untuk mengubah pola produksinya. Bahkan Nissan, Mitsubishi, dan Suzuki memilih untuk menutup sebagian pabrik mereka mulai Juni 2021 nanti.

BACA JUGA | 4 Merek Mobil yang Menjalani Suntik Mati di Indonesia pada 2021

Daftar Penutupan Pabrik

Sebagaimana kutipan dari Reuters, Nissan yang pertama akan menutup pabriknya mulai bulan depan. Penutupan pabrik Nissan akan berlaku di Kyushu, Jepang Selatan selama tiga hari pada 24,25, dan 28 Juni 2021.

Tak hanya yang di Jepang. Nissan juga akan menutup pabrik mobil mereka yang ada di Meksiko. “Kekurangan semikonduktor global telah memengaruhi pengadaan suku cadang di sektor otomotif,” kata Juru Bicara Nissan dalam keterangannya.

Kemudian ada Suzuki juga yang akan menutup pabrik mereka di Prefektur Shizuoka selama sembilan hari. Juru Bicara Suzuki menjelaskan, mereka akan melakukan penyesuaian produksi karena ada permasalahan kekurangan cip ini.

Yang terakhir adalah Mitsubishi. Mitsubishi akan mengurangi produksi kendaraan mereka sebanyak puluhan ribu unit pada Juni 2021 nanti. Pengurangan produksi tersebut akan dilakukan oleh Mitsubishi di pabrik mereka yang ada di Jepang, Thailand. Termasuk juga Indonesia.

sumber | pikiranrakyat.com

Related posts

Leave a Comment