Survei Puspoll Indonesia: PDI Perjuangan Tertinggi dan Jadi Pilihan Millenial

PDI Perjuangan menjadi pilihan tertinggi kaum milenial

topmetro.news – Ternyata PDI Perjuangan menjadi pilihan tertinggi kaum milenial (generasi muda). Setidaknya itu terlihat dari hasil survei Puspoll Indonesia, kemarin.

Salah satu kriteria survei dari Puspoll Indonesia adalah yang paling mewakili generasi muda. Untuk kriteria ini, PDI Perjuangan jadi pilihan 17,1 responden. Tertinggi dari parpol lainnya, termasuk Partai Demokrat yang ketumnya masih muda, yaitu AHY.

Fakta lain, hampir dalam semua kriteria PDI Perjuangan memperoleh suara tertinggi. Termasuk dalam kriteria paling perduli rakyat dan paling bersih.

Kriteria yang lolos dari PDI Perjuangan adalah soal paling berpihak kepada Islam. Untuk ini, PKB menjadi pilihan utama responden dengan jumlah 17,6 suara. Sementara PDI Perjuangan di posisi lima dengan 6,4 persen suara.

Sedangkan untuk elektabilitas secara umum, PDI Perjuangan tetap menjadi pilihan utama responden dengan jumlah 22,3 persen. Kemudian menyusul Partai Gerindra di posisi kedua dengan 13,4 persen. Selanjutnya, PKB 9,2 persen, Golkar 8,4, PKS 7,4, Partai Demokrat 5,3, NasDem 4,3, PPP 2,8, dan PAN 1,8 persen.

BACA JUGA | FX Hadi Rudyatmo Ingatkan Bambang Wuryanto, Penentu Pilpres Bukan Hasil Survei, tapi Restu Megawati

PDI Perjuangan dan Survei

Selengkapnya hasil survei Puspoll Indonesia berdasarkan kriteria adalah sebagai berikut:

Sebagai parpol paling perduli rakyat, PDI Perjuangan jadi pilihan 19,2 persen responden. Menurut Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia Muslimin Tanja, hasil ini memang tidak jauh berbeda dengan elektabilitas.

Untuk kriteria partai paling bersih, PDI Perjuangan mendapatkan suara tertinggi dengan 15,7 persen responden. Untuk kategori ini, Gerindra berada di posisi kedua dengan 10 persen. Kemudian, PKS 7,8 persen, PKB 7,6 persen, Golkar 6,4 persen, Demokrat 4,6 persen, dan NasDem 3,8 persen.

Sebagai partai paling mewakili generasi muda, PD Perjuangan jadi pilihan 17,1 persen responden. Kemudian, Gerindra 9,9 persen, PKB 7,0 persen, Golkar 6,6 persen, PKS 6,4 persen, Demokrat 6,1 persen dan NasDem 4,5 persen.

Sementara itu, PKB menjadi pilihan tertinggi untuk kategori partai yang paling berpihak terhadap Islam dengan jumlah suara 17,6 persen. Selanjutnya menyusul PKS 15,8 persen, Gerindra 8,9, PPP 7,4, PDI Perjuangan 6,4, Golkar 3,7, dan Demokrat 2,4 persen.

Pengumpulan data survei Puspoll Indonesia itu mulai dari 20 hingga 29 April 2021. Berlangsung melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur di 34 provinsi.

Sampel survei terpilih secara acak dengan metode penarikan sampel acak bertingkat. Jumlah sampelnya sebanyak 1.600 responden dan margin of error 2,45 persen. Tingkat kepercayaan survei 95 persen.

berbagai sumber

Related posts

Leave a Comment