Wakil Bupati Humbahas Silaturahmi ke Rutan Klas II B Doloksanggul

Wabup Humbahas Silaturahmi ke Rutan Kelas II B Doloksanggul

topmetro.news – Wabup Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH bersilaturahmi ke Rutan Klas II B Doloksanggul, Rabu pagi (26/5/2021). Kepala Rutan Kelas II B Doloksanggul Revanda Bangun SPsi MH menyambut langsng kedatangan Wabup.

Dalam Rutan itu, Oloan Paniaran Nababan bersama Revanda Bangun berkeliling meninjau seluruh keadaan bangunan dan kegiatan yang ada di dalamnya. Mulai dari kebersihan, lahan pertanian, hingga keadaan rumah ibadah gereja dan mesjid.

Oloan juga berkesempatan bertegur sapa dan berbincang-bincang dengan para napi yang ada di dalam Rutan. Serta memberikan semangat dan motivasi untuk menjalani sisa masa tahanan mereka. Ia pun berharap, setelah mereka bebas nantinya tidak akan mengulangi kesalahan sebelumnya.

Akses Jalan

Wakil Bupati Humbahas dalam kesempatan itu mengatakan, pemerintah akan mengupayakan perbaikan akses jalan menuju Rutan. Oloan juga berjanji akan memberikan bantuan bibit untuk kegiatan pertanian yang ada di Rutan.

Selain itu, Wabup juga berencana mengikuti ibadah bersama di dalam Rutan pada Hari Minggu, 6 Juni 202, bersama para tahanan.

Kepala Rutan Klas IIB Humbahas Revanda Bangun mengapresiasi kunjungan Wakil Bupati. “Saya dan semua jajaran sangat mengapresiasi kehadiran Wakil Bupati Humbang Hasundutan ke Rutan Klas IIB Humbang Hasundutan, dalam kunkernya. Sekaligus meninjau kondisi Rutan Klas IIB Humbahas dan menyapa langsung Warga Binaan Pemasyarakatan kami,” katanya.

Revanda menyebut, WBP di Rutan itu ada yang warga Humbahas. Ada juga bukan warga setempat, alias WBP pindahan dari luar Humbahas. “Kami berharap dengan kedatangan Beliau dapat lebih menjalin kerjasama yang erat ke depannya antara pihak Rutan Klas IIB Humbahas dengan pihak Pemkab Humbahas,” katanya.

Ia juga mengapresiasi Wakil Bupati yang langsung menelpon Kepala Dinas PUPR Humbahas agar perbaikan jalan menuju Rutan Klas IIB Humbahas menjadi prioritas.

“Kemudian di bidang ketahanan pangan di mana Bapak Wakil Bupati Humbahas pun merespon Kadis Pertanian Humbahas untuk dapat memberikan bantuan bibit dan pupuk kepada Rutan Klas IIB Humbahas. Selain di sana juga, Beliau langsung memberikan bantuan spontan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan kami di Rutan Klas IIB Humbahas,” ujar Revanda kepada topmetro.news.

Lanjut Revanda, Wakil Bupati juga tidak lupa memberikan tali asih kepada penghuni Rutan. “Bantuan nyatanya adalah uang tunai kepada Warga Binaan Pemasyarakatan kami. Selain itu Beliau berjanji ke depannya akan kembali lagi untuk memberikan bantuan berupa bibit, pupuk, dan masih banyak lagi,” tambahnya

Perluasan Rutan

Ketika wartawan media ini menyinggung tentang jumlah penghuni Rutan yang notabene sudah over kapasitas, Revanda tidak menampik. Ia pun minta agar pemkab memperhatikan hal itu.

“Beliau (Wabup-red) menanyakan. Dan kami sampaikan bahwa sudah sampai usulan Kanwil Kemenkumham Sumut ke Kemenkumham RI di Jakarta terkait usulan rencana pembangunan dua blok tambahan di Rutan klas IIB Humbahas. Selain mungkin rencana perubahan nomenklatur Rutan Klas IIB Humbahas menjadi Lapas,” terangnya.

Masih di waktu yang sama, wartawan mencoba bertanya kepada Bidang Kerohanian Rutan Kelas IIB Humbahas Fandi Boy Simamora sekaligus pembimbing kerohanian.

“Dalam hal ini selalu mengedukasi dan memberikan bimbingan kepada seluruh warga binaan untuk selalu memandang segala sesuatu hal dalam sisi positif. Walau dalam keadaan dan situasi tersulit sekali pun. Agar dapat menjadi pedoman bagi mereka apabila kelak mereka selesai menjalani sisa pidananya,” ujar Fandy.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment