#

Urutan Lagu Rock Terbaik Sepanjang Masa

MUSIK rock
Advertisement

topmetro.news – Musik rock bukan lagi sebuah genre yang simple. Di dalamnya banyak sekali subgenre yang saling bersilangan, yang pada akhirnya mampu melahirkan jadi genre baru.

Sehingga sampai dengan saat ini masih terus berkembang dan mengalami evolusi yang pesat. Bahkan musik rock sudah menjadi sebuah kultur. Yang mana kultur ini akan terus berubah dan bersilang mengikuti perjalanan hidup manusia.

Selain itu, musik rock juga sudah hadir dan tersemat ke dalam kebudayaan manusia sejak dari dulu. Berawal dengan kultur musik keriting dan blues kulit hitam pada tahun 20 dan 30-an. Lalu wujud musik rock ini hadir secara nyata dalam pergerakan rock and roll pada tahun 1940 hingga 1950 an.

Sampai dengan saat ini, tentu saja sudah banyak musisi serta band rock yang telah menyajikan karya-karya monumental. Bahkan beberapa di antaranya, ada yang revolusioner.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai musik rock terbaik sepanjang masa. Namun yang jadi pembahasan adalah lima besarnya saja. Mungkin saja pembaca punya pendapat lain, tapi setidaknya pilihan ini bisa mewakili banyak keinginan.

Mari kita lihat, lagu apa saja yang masuk lima besar tersebut. Ini ulasannya:

Satisfaction

Lagu yang satu ini adalah milik band rock ternama, The rolling Stones. Vokalisnya, Mick Jagger, sudah bukan lagi menjadi nama yang asing dalam kancah musik dunia rock.

Band satu ini menjadi ujung tombak atas band-band ‘British Invasion’ yang merambah dunia permusikan di Negara Amerika Serikat pada tahun 60-an. Maju dengan adanya musik blues kental yang berpadu dengan musik rock n roll yang seksi, band The rolling Stones menjadi salah satu nama rock terbesar di ranah kancah dunia permusikan sampai dengan saat ini.

Satisfaction adalah single yang untuk pertama kalinya muncul dalam versi Amerika pada album keempat The Rolling Stones yakni ‘Out of Our Heads’. Single lagu ini bercerita mengenai komersialisme yang begitu berlebihan. Lagu ini pun menjadi sebuah track yang sangat besar pada saat rilis dan tetap begitu kuatnya sampai dengan detik ini.

Majalah Rolling Stone menempatkan lagu ini pada posisi kedua di daftar 500 lagu terbaik sepanjang masa. Lagu itu sendiri pada saat kemunculannya, menduduki peringkat 1 di tangga nada Amerika Serikat dalam kurun waktu empat minggu atau satu bulan full. Sampai pada akhirnya lagu ini rilis di Britania Raya dan juga berhasil meraih posisi serupa.

Paranoid

Lagu ini adalah salah satu lagu populer dari Black Sabbath. Bisa dikatakan, lagu ini menjadi moyang atas segala lagu metal.

Black Sabbath sendiri adalah sebuah grup band heavy metal dari Britania Raya. Personil di masa awalnya adalah Ozzy Osbourne, Tony Iommi, Geezer Butler, dan Bill Ward.

Black Sabbath adalah grup musik yang sangat berpengaruh atas tumbuhkembangnya musik metal itu sendiri. Mereka sudah menjadi pionir dalam musik rock dan telah membuka jalan bagi aliran musik metal serta berbagai subgenre lainnya.

Paranoid adalah single perdana Black Sabbath. Lagu ini hadir enam bulan setelah merilis album pertamanya.

Lagu Paranoid sepertinya mampu menyuguhkan riff gitar yang sangar. Sekaligus memperkenalkan kepada para pecinta musik rock kala itu, mengenai sebuah sound baru yang segar, namun kelam.

Pada akhirnya trik fenomenal itu berhasil mengamankan tempatnya pada posisi 500 lagu terbaik sepanjang masa.

Lucy in the Sky with Diamond

Beatles adalah grup paling fenomenal sepanjang sejarah. Bahkan terkenal sebagai revolusioner di bidang musik. Salah hitnya adalah Lucy in the Sky with Diamond.

Personel band rock ini terdiri dari John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr. Di mana empat punggawa asal Inggris ini mampu menggemparkan dunia dengan alunan musik yang melewati batasannya pada masanya.

Seiring dengan berjalannya waktu, musik mereka pun akhirnya mendewasa dan mulai mengeksplorasi kawasan-kawasan lain, yang kemudian bisa membuatnya menjadi ‘super grow’.

Lucy in the Sky with Diamonds rilis pada tahun 1967 lewat album ‘SGT Pepper’s Lonely Hearts Club Band’.

Banyak pihak menduga, bahwa lagu ini berkaitan dengan narkoba. Kebetulan, judul lagu tersebut kalau disingkat menjadi LSD. John Lennon sebagai penulis utama dari lagu, dengan tegas membantah tuduhan tersebut.

Tapi apa pun itu, Lucy in the Sky with Diamonds pada akhirnya menjadi trek yang sama dengan Parpol Hans milih Jimi Hendrix, yakni menjadi garda depan bagi musik psikedelik pada masanya.

Lagu ini pun benar-benar dapat sanjungan. Sedangkan keseluruhan albumnya juga mendapat penerimaan dengan baik. Sekaligus menangkap arah gerakan para anak muda masa itu.

Stairway to Heaven

Lagu indah ini adalah milik Led Zeppelin. Grup ini adalah kuartet legendaris asal Negara Inggris, terdiri dari musisi-musisi andal dalam perannya masing-masing.

Dengan anggota terdiri dari Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan John Bonham, Led Zeppelin ‘berkuasa’ kurang lebih selama satu dekade pada akhir 60-an. Kematian ‘Sang Drummer’ bernama Bonham tahun 1980 akibat alkohol, akhirnya mengakhiri kejayaan mereka.

Dalam karirnya Led Zeppelin sudah menghasilkan delapan album, di mana masing-masing memiliki tempatnya sendiri dalam sejarah musik rock.

Band rock legendaris ini terpengaruh oleh rock psikedelik dan folk. Mereka menjadi acuan dan berpengaruh besar bagi musik heavy metal penerusnya, serta keberlangsungan dari genre rock itu sendiri, sampai sekarang.

Stairway to Heaven sendiri adalah sebuah lagu indah yang megah. Lagu ini menjadi salah satu pengisi album keempat mereka. Dan tak ada yang menyangkal, bahwa lagu ini menjadi salah satu lagu rock terbaik di dunia.

Komposisi lagu ini terbilang unik. Terdiri dari tiga bagian, di mana masing-masing bagian memiliki ciri khasnya tersendiri. Mendengar lagu ini, kita sekaligus bisa menikmati beberapa genre, mulai dari progressive rock, folk rock, hingga hard rock n roll.

Dengan durasi sekira delapan menit, lagu ini memaparkan banyak hal bagi pendengar, termasuk sound berkualitas serta sangat megah. Di dalamnya tersaji jalinan lagu yang indah, mulai dari awal hingga akhir trak legendaris tersebut.

Welcome to the Jungle

Adalah Guns N Roses, pemusik 80-an yang mengeluarkan lagu ini. Band kesukaan Jokowi ini menyuguhkan alunan musik klasik rock/hard yang terbungkus dengan ‘attitude yang renyah sekali’.

Skill mumpuni dari gitaris Slash, berpadu dengan vokal oktaf tinggi Axl Rose, menjadi sebuah ciri khas grup musik rock ini.

Lagu Welcome to the Jungle menjadi sebuah karya yang mereka buat dan menjadi salah satu trak dalam Album ‘Appetite for Destruction’. Appetite adalah album studio pertama mereka yang rilis tahun 1987.

Lagunya itu sendiri mampu memaparkan betul range atas Vokal Axl yang tinggi serta sangat mumpuni ketika ngebut dengan tempo cepat.

sumber | amazingslade.net

Advertisement

Related posts

Leave a Comment