Alkitab, Satu-satunya ‘Harta’ Ahok di Sel Tahanan

TOPMETRO.NEWS – Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mulai menjalani kehidupan barunya di rutan Mako Brimob Depok Jawa Barat.

Ibarat ‘dunia terbalik’, Ahok yang sebelumnya berada dalam hiruk pikuk kesibukannya sebagai seorang Gubernur Jakarta, kini harus mendekam dalam ruangan berukuran 2×3 meter, sendiri dan terbatas.

Reuters mengulas secara menarik bagaimana keseharian Ahok dalam tahanan, dan bagaimana Alkitab menjadi satu-satunya ‘harta’ miliknya yang menemani Ahok melewati ujian yang menimpanya saat ini.

“Purnama (Ahok) awalnya dibawa ke LP Cipinang di Jakarta Timur, sebuah penjara dengan keamanan tinggi di masa kolonial Belanda yang terkenal dengan kepadatan penduduknya dan rumah bagi pelaku narkoba yang terpidana dan militan Islam.”

Dia, sebagaimana dilaporkan belitungpos, dipindahkan ke sebuah kompleks polisi di Depok di pinggiran kota Jakarta karena pendukungnya memblokir lalu lintas di sekitar penjara Cipinang.

Beberapa bahkan berusaha menggulingkan pagar kawat berduri di sana.

Kakaknya Indra membawa ibu mereka untuk menemuinya di Depok pada hari ulang tahunnya.

“Kami bertemu dia di penjara bersama saudara kandung kami, kami berpelukan, kami menangis. Semuanya terjadi begitu cepat,” kata Indra.

Meskipun Ahok lahir dari orang tua non-Muslim dan merupakan seorang Kristen, dia diadopsi sebuah keluarga Muslim di pulau kecil Belitung.

Dia tidak memiliki telepon atau televisi di fasilitas tahanan itu, dan Indra mengatakan satu-satunya buku yang dibawa hanya sebuah Alkitab. (pos-editor3)

Related posts

Leave a Comment