Usaha Perabot Dilalap ‘Sijago Merah’ di Doloksanggul

kebakaran yang terjadi di Desa Sihite II Kecamatan Doloksanggul

topmetro.news – Keheningan malam itu seketika pecah oleh kebakaran yang terjadi di Desa Huta Bagasan Kecamatan Doloksanggul Humbang Hasundutan, Rabu (2/6/2021) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

Kebakaran menghanguskan hampir setengah bangunan usaha perabot milik M Simamora/Br Sihite. Kemudian secara cepat Simamora langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran Humbang Hasundutan.

Mendengar adanya kebakaran, Kasat Pol PP Humbang Hasundutan Edy Sinaga menerjunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran sekaligus ke lokasi kejadian, guna memadamkan kobaran api.

Kepada wartawan Edy menjelaskan kronologi kebakaran itu. “Benar. Semalam telah terjadi kebakaran di Desa Huta Bagasan, sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Sebuah bangunan yang sekaligus tempat kerja untuk pembuatan perabotan. Kurang lebih satu jam, anggota kita sudah berhasil memadamkan kobaran api,” ujarnya.

Mengenai korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan total kerugian pemilik bangunan, Edy Sinaga mengatakan korban jiwa tidak ada. Hanya kerugian materi.

“Kalau untuk korban jiwa, tidak ada. Namun kerugian materi diperkirakan sekitar kurang lebih 70 juta,” pungkasnya.

Asal Kebakaran

Lebih lanjut Edy menjelaskan, bahwa kebakaran, menurut dugaan, berasal dari sampah dan sisa potongan kayu yang terbakar. “Bangunan itu kan tempat pembuatan perabotan (meubel). Sehingga banyak sisa-sisa potongan kayu yang mudah terbakar. Karena di lokasi kejadian tersebut tidak ada kabel listrik, nah itu lah dugaan kita sementara,” katanya.

Edy juga berharap kepada masyarakat, agar selalu waspada akan bahaya kebakaran, yang bisa saja terjadi tanpa kita sadari.

Sementara Agus Purba, salah satu personil pemadam kebakaran yang ikut berjibaku dalam memadamkan kobaran api tersebut, menjawab pertanyaan via telepon mengharapkan agar masyarakat semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran. Hal itu demi keselamatan bersama.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment