BKM Asy Syafi’iyah Gelar Pelatihan Sembelih Halal Qurban

BKM Asy Syafi'iyah Gelar Pelatihan Sembelih Halal Qurban

topmetro.news Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Asy Syafi’iyah jalan Guru Sinumba Raya Helvetia Timur Medan menyelenggarakan Pelatihan dan Praktek Penyembelihan Halal Qurban kerja sama dengan Pengurus Komunitas Juru Sembelih Halal (Juleha) Sumut, Minggu (28/6/2021) di Masjid Asy Syafi’iyah Medan.

Peserta pelatihan diikuti oleh 16 peserta dari Pengurus BKM dan Jamaah Masjid.

Ketua BKM Asy Syafi’iyah H Eddy Syofian menyampaikan penghargaan atas kerjasama dengan Juleha karena akan menambah pengetahuan bagi para calon juru sembelih qurban, agar disembelih kehalalan sesuai syariat Islam dan memiliki prinsip proses sembelih hewan dalam keadaan sehat, aman dan tidak menyakiti secara sadis.

“Banyak pihak yang merasa mampu menyembelih padahal kehalalannnya diragukan. Sehingga pelatihan ini sangat penting dilaksanakan”, ujarnya.

Sementara itu Ketua Bidang Dakwah Juleha Sumut yang juga pemilik sertifikasi juru sembelih dari BPPH Bogor menjelaskan pentingnya penyembelihan halal guna menentukan kepastian bagi umat Islam agar tidak ragu atas status kehalalannya.

Adapun Juleha hadir yang disambut hangat BKM. Asy Syafi’iyah untuk melakukan edukasi penyembelihan bukan hanya setahun sekali. Tapi juga sembelihan sifatnya harian seperti ayam yang di jual di pasar-pasar.

Prinsip utama penyembelihan halal antara lain, menghilangkan keraguan umat, menjadikan si penqurban berani untuk menyembelih hewannya sendiri. Sebab afdolnya qurban menyembelih sendiri.

Lebih lanjut Juleha juga memberikan solusi kepada BKM yang ada di Medan untuk peralatan sembelihan yang sesuai standard untuk menyembelih.

Pelatihan yang digelar sehari diakhiri penyerahan cenderamata dan sertifikat pelatihan yang dikeluarkan DPW Juleha dan BKM Asy Syafii”yah.

penulis : Erris

Related posts

Leave a Comment