Disulap Jadi Rumah Mobil, Seperti ini Kenyamanan Toyota HiAce

Tren rumah mobil

topmetro.news – Tren rumah mobil di Indonesia saat ini memang kembali marak. Apalagi saat pandemi, rasanya agak khawatir ketika harus menginap di hotel. Jadi rumah mobil bisa menjadi solusinya. Mobil tinggal bawa ke perkemahan dan kabinnya berubah menjadi tempat untuk tidur saat malam.

Baze, sebuah perusahaan yang terkenal sering memodifikasi interior kendaraan, membuat rumah mobil dengan basis Toyota HiAce. Baze sebenarnya sudah memperkenalkan rumah mobil HiAce sejak 2018. Tim pun mendapatkan kesempatan untuk melihat bagaimana rasanya mencoba rumah mobil buatan Baze.

Secara desain eksterior, tidak banyak ubahan. Bentuknya masih seperti HiAce pada umumnya. Ada beberapa tambahan di bagian eksterior, seperti lampu tembak di bagian depan, awning di bagian samping dan AC tambahan di bagian atap.

Masuk ke bagian kabin, ubahan paling banyak ada di bagian penumpang. HiAce yang biasanya bisa memuat belasan penumpang. Kini semuanya berubah menjadi kabin yang bisa untuk istirahat ketika berkemah.

Ubahan yang ada seperti memasang bangku yang bisa berputar 180 derajat, bangku menyamping, lemari penyimpanan di atas laci. Lalu ada wastafel, meja lipat, stop kontak. Selain itu ada juga AC tambahan, lampu ambiens, dan layar LED.

BACA | Tes Konsumsi Bensin Jeep Wrangler Rubicon, Dapat Angka Segini

Mode Kabin

Baze sendiri membuat kabinnya bisa berubah dalam tiga mode. Yakni, driving, leisure, dan sleeping.

Untuk driving, semua bangku dihadapkan ke depan dan sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman dua titik. Selain itu, kompartemen yang ada di kabin juga terkunci, sehingga tidak berbunyi ketika mobil sedang berjalan.

Kemudian mode leisure, yaitu saat mobil sudah sampai di perkemahan dan ingin bersantai dengan keluarga. Bangku yang tadinya menghadap ke depan berputar 180 derajat, sehingga saling berhadapan. Bertambah dengan terbukanya meja lipat. Bagian luar, awning bisa terbuka, sehingga membuat tempat yang teduh untuk berkumpul di luar.

Terakhir, mode sleeping atau tidur. Bangku yang tadinya berputar 180 derajat, kembali menghadap ke depan. Setelah itu, bangku tadi direbahkan hingga rata (sofa bed), ditambah sandaran bangku samping yang bisa dilepas dan ditaruh di antara bangku samping dan sofa bed.

Jika sudah terpasang, akan jadi sebuah kasur yang cukup besar. Bisa untuk tidur dua orang dewasa dan satu anak kecil dengan nyaman. Selain itu, untuk menjaga privasi, gorden bisa terpasang dan menutupi seluruh kaca.

Baze juga membuat sambungan untuk ke genset maupun sumber listrik dari PLN. Sehingga ketika tidur, mesin tidak perlu nyala dan bisa memanfaatkan AC tambahan tadi untuk membuat kabin nyaman.

Lalu, berapa biaya untuk membuat rumah mobil ini? Sebenarnya tidak ada angka patokan, mengingat membuat rumah mobil akan kembali ke kebutuhan dari pelanggan. Sehingga harganya akan menyesuaikan.

Namun untuk jadi seperti yang sedang kami coba, siapkan saja dana Rp275 jutaan. Pelanggan sudah mendapatkan rumah mobil yang siap pakai. Bahkan ada tambahan toilet portabel yang bisa tersimpan di laci kabin.

sumber | kompas.com

Related posts

Leave a Comment