Pemko Siantar Bakal Gelar Upacara Harkitnas dan Ziarah ke Makam Pahlawan

TOPMETRO.NEWS – Pemerintah Kota (Pemko)  Pematangsiantar  melalui  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  akan mengelar Upacara Harkitnas di Lapangan Adam Malik  dan Ziarah Kemakam Pahlawan pada senin 22 Mei mendatang, demikian hasil rapat persiapan  Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ( Harkitnas ) Kota Pematangsiantar, kemarin siang, di Ruang data.

Rapat yang dipimpin , Sekretaris Daerah (sekda) Kota Pematangsiantar  Ir. Reinward Simanjuntak, MM mengatakan Peringatan harkitnas merupakan Momen untuk meningkatkan Rasa Nasionalisme. “Dengan Harkitnas ini mari kita Pupuk Rasa Nasionalisme akan kecintaan kita kepada bangsa dan negara ini, “ ujarnya.

Reinward bercerita, bahwa sejarah Bangsa Indonesia Merdeka mengingatkan kita pada beberapa Tokoh Pergerakan Nasional  seperti Ir. Soekarno, M. Hatta, M Yamin dan yang lainnya, yang tergabung dalam Badan Penyelidik  Usaha usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang selanjutnya  dibentuk juga Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang pada Perinsipnya Merumuskan Dasar Negara Indonesia yakni, Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta Bhineka Tunggal Ika.

“Jadi Sejarah sudah mencatat bahwa dulunya para Pendahulu kita sudah merancang sedemikian rupa Konsep NKRI, maka harus kita Pertahankan. Negara ini dibentuk dengan Konsensus (kesepakatan bersama), untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus mempertahankannya, sehingga saat ini kita sering menyebut dengan NKRI Harga Mati,“ cerita Sekda.

Lanjutnya lagi, Indonesia tersebar dengan Ribuan Pulau, Ribuan Suku serta Ribuan Bahasa, akan tetapi tetap kita satu Nusa satu bangsa dan Satu Bahasa yakni Indonesia, itulah semangat Harkitnas.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kota Siantar, Lukas Barus mengatakan Peringatan Harkitnas dikota Siantar akan diperingati  dengan berbagai Acara seperti upacara dan Ziarah kemakam Pahlawan.

“Tanggal 22 Mei 2017 Pagi kita akan Gelar Upacara di lapangan Adam Malik, lalu lanjut  Ziarah kemakam Pahlawan,” tegas Lukas

Ditambahkannya, semangat Harkitnas hendaknya dapat meningkatkan Rasa kebangkitan khususnya bagi Kawula Muda seiring dengan perkembangan teknologi saat ini.(TM/HEN)

Related posts

Leave a Comment