Waspada Jika Lidah Anda Berubah Warna

TOPMETRO.NEWS – Warna lidah menunjukkan kesehatan seseorang. Normalnya, lidah berwarna merah muda. Namun jika berubah warna, biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Seperti halnya lidah yang tiba-tiba memutih, kemungkinan besar ada plak bersarang di area tersebut.

Dilansir dari Refinery29, profesor Kedokteran Gigi Klinis di UCLA School of Dentistry AS, Fariba Younai menjelaskan bahwa secara alami lidah membersihkan dirinya sendiri dan memperbaharui sel di permukaan. Cara ini bertujuan menyingkirkan bakteri dan sel-sel yang mati.

“Kondisi ini bisa terjadi karena usia, mulut kering, dan penggunaan alkohol. Bisa juga karena Anda terserang demam atau penyakit. Anda bisa menyingkirkan plak lidah dengan menggunakan obat kumur. Dengan kata lain, ini bukanlah masalah yang serius,” papar dr Younai, seperti dikutip dari sindonews.com.

Tak hanya memicu perubahan warna, plak lidah juga menyebabkan bau mulut menjadi tak sedap. Kendati demikian, ini bukanlah kondisi yang serius namun dr Younai tetap menyarankan untuk memperhatikan penyebabnya.

“Bintik putih di lidah itu bisa menjadi gejala infeksi jamur, peradangan, atau tanda awal kanker lidah. Sebaiknya segera hubungi dokter gigi untuk pemeriksaan yang lebih rinci. Lidah yang sehat harus berwarna merah muda dan ditutupi papilla kecil,” ujar Cleveland Clinic.

“Saat menyikat gigi, sebaiknya juga menyikat lidah untuk menyingkirkan bakteri yang mungkin ada di permukaan lidah,” tutup dr Younai.(TMN)

Related posts

Leave a Comment