Bupati Asahan Tinjau Persiapan Gedung Isolasi Mandiri Terpadu

Bupati Asahan Tinjau Persiapan Gedung Isolasi Mandiri Terpadu

topmetro.news – Pemerintah Kabupaten Asahan memutuskan Kolam Renang Jalan Sutami dan Gedung SKB Dinas Pendidikan akan dimanfaatkan sebagai lokasi isolasi mandiri terpadu untuk warga terpapar covid-19.

“Ruangan ini nantinya diperuntukkan bagi  pasien covid -19 tanpa gejala yang rumahnya tidak layak untuk isolasi mandiri. Indikatornya yaitu kurangnya ventilasi rumah, kamar tidak cukup, kamar mandi kurang layak dan tingkat kepadatan penduduk sekitar yang tinggi,” demikian dikatakan Bupati Asahan, H Surya BSc saat meninjau ke dua lokasi, pada Selasa (3/4/2021).

Selain memfasilitasi pasien tanpa gejala (OTG), pemanfaatan gedung ini juga untuk menekan bed occupancy ratio (BOR) di sejumlah rumah sakit yang sudah hampir penuh. Langkah ini dilakukan setelah mengamati adanya korelasi tingginya kasus di lingkungan padat penduduk dengan penyebaran covid-19 yang lebih cepat.

Peninjauan bangunan yang dilaksanakan hari ini untuk melengkapi fasilitas yang dibutuhkan untuk kelengkapannya. Sehingga bisa secepatnya dimanfaatkan sebagai lokasi isolasi warga yang terpapar. Untuk fasilitas di gedung ini cukup baik. Antara lain tempat tidur, kamar mandi, hingga treatment dari tenaga medis selama proses isolasi pasien dilakukan. Fasilitas ini disediakan agar pasien tetap nyaman dan betah selama masa isolasi.

“Dengan adanya isolasi mandiri terpadu akan mempercepat penyembuhan pasien dan menghambat penyebaran covid -19. Utamanya di pemukiman padat penduduk,” kata Bupati.

Penulis : En

Related posts

Leave a Comment