Ilmuwan Ungkap yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Bumi berhenti berputar

topmetro.news – Bayangkan tiba-tiba saja Bumi berhenti berputar. Apa yang akan terjadi? Bagaimana nasib umat manusia dan penghuni lainnya di Bumi?

Sebagaimana kita ketahui, Bumi terus berputar layaknya gasing. Bahkan meski kita tidak dapat melihat, menyentuh, mendengar, atau merasakannya. Dan apa yang kita lihat rasakan saat ini adalah karena Bumi berputar.

Lalu bagaimana kalau Bumi benar-benar berhenti berputar?

Banyak peneliti berpikiran dampak paling buruk dari Bumi yang tiba-tiba berhenti berputar yakni akan merobek permukaannya. Jika itu benar terjadi, bisa menjadi bencana bagi semua penduduk Bumi.

“Ini hanya sebuah eksperimen pemikiran. Tidak ada kekuatan alam yang akan menghentikan Bumi berputar, berputar sejak terbentuk,” kata James Zimbelman, ahli geologi senior emeritus di Smithsonian’s National Air and Space Museum di Washington, DC.

BACA | Untuk Pertama Kalinya, Astronom Melihat Bagian Belakang Lubang Hitam

Momentum Putaran Bumi

Mengutip Space, Bumi melakukan satu putaran penuh pada porosnya setiap 23 jam, 56 menit, dan 4,09053 detik. Ini berarti daratan yang kita injak selama ini bergerak sekitar 1.770 km per jam dengan kecepatan rotasi menurun menjadi nol pada kutub.

Lantas jika planet ini tiba-tiba berhenti, momentum sudut yang diberikan ke udara, air, bahkan bebatuan di sepanjang khatulistiwa akan terus bergerak dengan kecepatan 1.770 km per jam ini.

Kondisi ini bisa ibaratnya seperti sebuah motor yang bergerak konstan pada kecepatan 100 km per jam. Namun tiba-tiba menabrak mobil yang terparkir di depannya. Meski motor terhenti, penumpang dan pengemudi saat itu pasti akan terlempar ke depan akibat momentum.

“Salah satu dasar fisika adalah kekekalan momentum sudut. Begitu sesuatu berputar, Anda harus mengerahkan kekuatan yang sama (dalam arah yang berlawanan) untuk menghentikannya berputar,” ucapnya.

Mengutip Discover Magazine, Bumi tiba-tiba berhenti tentu menghasilkan bencana yang akan terasa oleh semua umat manusia. Menurut laporan itu, jika planet tiba-tiba berhenti, semua yang ada di atasnya baik laut, udara, maupun daratan, semuanya akan terlempar bersamaan ke timur. Di mana itu arah dari putaran bumi.

sumber | CNN Indonesia

Related posts

Leave a Comment