Terkait PTM, Wagubsu Ijeck: Semua Pelajar Harus Dapat Vaksin

Terkait PTM, Wagubsu Ijeck: Semua Pelajar Harus Dapat Vaksin

topmetro.news Pemprov Sumut mengingatkan seluruh kepala daerah untuk memastikan infrastruktur sekolah sesuai protokol kesehatan sebelum mengizinkan pembelajaran tatap muka (PTM) di wilayahnya masing-masing.

“Kita memang menyerahkan kepala daerah untuk melihat daerahnya. Sebab (kepala daerah) lebih tau daerahnya meski izin tetap dari provinsi, namun bupati/wali kota-lah yang membuat keputusan,” ujar Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah menjawab wartawan topmetro.news usai menghadiri paripurna di DPRD Sumut, pada Selasa (7/9/2021).

Pemprov melalui Satgas Penanganan Covid-19 Sumut menuturkan PTM sebelumnya memang sudah diizinkan pada 1 September kemarin.

Hal ini diatur melalui Instruksi Gubernur Sumut Nomor 188.54/39/INST/2021 tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi Covid-19 di Sumut yang ditujukan kepada bupati/wali Kota se-Sumut.

Musa Rajekshah mengatakan beberapa daerah belum memulai menerapkan PTM, termasuk Medan.

“Kita meminta kepala daerah ikut melihat daerahnya,” katanya lagi.

Ijeck juga mengatakan, pihaknya bersama pemda se-Sumut terus menggenjot vaksinasi ke semua lapisan masyarakat. Selain untuk pembukaan PTM, hal ini bertujuan mencapai target kekebalan tubuh kelompok guna memutus rantai penularan virus Corona.

“Upaya kita adalah bagaimana vaksin ini bisa menyeluruh ke masyarakat. Ini upaya yang memang bisa membantu menekan angka paparan covid kita,” katanya.

Wagub Ijeck menyinggung terkait lanjutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Ia menyebut kondisinya tidak begitu banyak berubah.

Ijeck mengakui, Sumut melalui beberapa kabupaten dan kota, laju perkembangan dari orang terpapar covid, menunjukkan tren penurunan. Termasuk keterisian tempat tidur atau BOR di sejumlah rumah sakit rujukan covid.

“Akan tetapi kita terus menjaga supaya angka paparan ini tidak lagi meluas, makanya harus sama-sama kita jaga protokol kesehatan dan upaya vaksinasi menyeluruh ke masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment