Balitbang Provsu Gelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah

Balitbang Provsu Gelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah

topmetro.news – Balitbang Provsu (Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara) menggelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021 dengan mengusung tema “Inovasi Tata Kelola Pemerintahan, Kebijakan Publik dan Inovasi Lainnya”.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara Harianto Butarbutar SE MSi , Kamis (9/9/2021), mengatakan pelaksanaan lomba digelar selama tiga hari mulai tanggal 7 hingga 9 September 2021.

Harianto Butarbutar mengucapkan selamat kepada para peserta lomba yang telah ikut berpartisipasi pada kegiatan ini dengan harapan kegiatan ini menjadi titik balik untuk lebih banyak berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Sumatera Utara.

Sesuai amanat UU No. 23/2014 tentang pemerintah daerah dan peraturan pemerintah No. 38/2017 tentang Inovasi Daerah serta Permendagri No. 104/2018 tentang Penilaian Pemberian dan Penghargaan atau Insetif Inovasi Daerah telah mengamanatkan kepada Kemendagri untuk melakukan pengukuran indeks inovasi daerah, sebut Harianto.

Lebih lanjut dia menjelaskan penyerahan penganugerahan Innovative Government Award (IGA) merupakan salah satu cara dalam melaksanakan pengukuran indeks tersebut.

Menurut Harianto Butarbutar, berdasarkan penganugrahan IGA tahun 2018, 2019 dan 2020 Provinsi Sumatera Utara belum masuk ke dalam 5 besar dan tahun 2020 lalu mendapat peringkat 18, maka diperlukan sarana yang kompetitif untuk mendorong lahirnya inovasi baru pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprovsu dan OPD kabupaten kota.

Hal itu, kata Kepala Balitbang Provsu, selaras dengan tujuan lomba inovasi ini yaitu menjaring inovasi tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi lainnya pada OPD di Pemprovsu dan kabupaten kota yang berpotensi untuk kan dalam ajang IGA tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kemendagri.

Di sisi lain, kata Harianto, untuk memotivasi sekaligus mengapresiasi OPD Pemprovsu dan OPD kabupaten kota untuk meningkatkan inovasi, kreatifitas dan daya saing berkelanjutan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

12 OPD Provsu Masuk Finalis

Dikabarkan, berdasarkan hasil seleksi didapatkan finalis lomba dengan rincian yaitu, untuk kategori OPD kabupaten kota Provsu sebanyak 32 OPD, 13 kabupaten kota dengan jumlah 44 inovasi.

Untuk kategori OPD Provsu sebanyak 12 OPD dengan jumlah 13 inovasi. Penilaian babak final dilaksanakan berbeda untuk masing-masing kategori yaitu OPD kabupaten kota dilaksanakan Rabu dan Kamis (7-8/9/2021) secara daring. OPD Pemprovsu dilaksanakan pada Kamis (9/9/2021) secara tatap muka.

Sementara itu Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Martina Silaban SH MM didampingi Kasubdit Difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi Yanita SE mengatakan dewan juri berasal dari berbagai unsur profesi yaitu akademisi, aktivis LSM dan konten kreator.

Martina Silaban juga mengingatkan agar seluruh OPD Pemprovsu aktif dan antusias untuk menghimpun seluruh inovasi yang ada dan menginput inovasi tersebut paling lambat Jumat (17/9/2021) pukul 23.59, pada indeks Inovasi Litbang Kemendagri sebagai cikal bakal untuk dapat ikut serta dalam ajang IGA Award Kemendagri 2021.

” Kita harapkan semoga inovasi yang ada dapat memberi feedback kepada peningkatan pelayanan masyarakat luas khususnya masyarakat di Sumatera Utara,” sebutnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment