Mantap…! 23 Ribu Pelajar di Humbahas Sudah Vaksinasi

Pelajar di Humbahas

topmetro.news – Sudah mencapai 90 persen jumlah pelajar di Kabupaten Humbang Hasundutan telah ikut suntik Vaksin Covid-19.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor melalui Kepala Dinas Kesehatan drg Hasudungan Silaban mengungkapkan hal itu kepada sejumlah wartawan, Senin (13/9/2021), di ruang kerjanya.

Hasudungan mengatakan, ada 23.055 orang pelajar usia12 sampai 18 tahun di wilayahnya telah menerima vaksin.

Atau lebih dari 90 persen sudah mendapatkan kekebalan atas Virus Corona dari, jumlah keseluruhan target sasaran pelajar/remaja di Humbahas. Yakni sebanyak 25.745 orang.

Hasudungan menyebut, program Vaksinasi Covid-19 termasuk untuk pelajar, sampai dengan 11 September 2021 sudah sebanyak 23.055 pelajar yang telah ikut vaksinasi. Dengan rincian, yakni 23.055 vaksin dosis pertama dan 48 dosis kedua.

Target Vaksinasi

Hasudungan menuturkan, bahwa vaksinasi yang menyasar pelajar di Humbahas telah terlaksana sejak awal Agustus 2021. Dengan target sasaran, mulai SMA/SMK dan SMP.

Menurut Hasudungan, serbuan vaksinasi ini adalah sebagai persyaratan kesiapan untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. “Dan ini pembelajaran tatap muka terbatas sudah dilaksanakan, per 13 September,” kata dia.

Katanya lagi, keseluruhan penerimaan vaksin di Humbang Hasundutan, meliputi SDM kesehatan, pelayanan publik, lansia, masyarakat umum dan rentan. Maka target sasaran vaksinasi di Humbahas per 11 September sudah 108.583 orang dari jumlah keseluruhan target sebanyak 146.415 orang.

Dengan rincian, vaksinasi dosis pertama telah mencapai 108.583 orang. Sementara, pada dosis kedua baru sekitar 48.717 orang.

Hasudungan menuturkan, agar target vaksinasi tercapai, pihaknya sudah memiliki langkah-langkah dalam percepatan Vaksinasi Covid-19. Salah satunya, dengan melakukan sasaran ke tiap desa, selain yang terpusat di fasilitas kesehatan.

“Jadi sesuai arahaan Presiden dan diteruskan Bapak Bupati pelaksanaan vaksinasi harus bisa ditargetkan selesai di Bulan Oktober,” ungkapnya.

Namun, lanjutnya, target hingga selesai pada Bulan Desember, mulai dosis pertama hingga dosis kedua. “Kita kaji ini bisa selesai di Bulan Desember, untuk dosis pertama hingga dosis kedua,” terangnya.

Untuk itu, ia mengharapkan kepada masyarakat dan remaja agar segera mendatangi pelayanan kesehatan untuk mendapatkan vaksinasi. “Kita harapkan kepada masyarakat agar ikut mensukseskan program percepatan vaksinasi ini,” harapnya.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment