Gubsu Raih Penghargaan Top Pembina BUMD, Bank Sumut Bintang 5 BUMD Terbaik

Gubsu Raih Penghargaan Top Pembina BUMD

topmetro.news – Gubernur Gubsu Edy Rahmayadi meraih penghargaan pada Ajang TOP BUMD Awards 2021 oleh Majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai.

Acara berlangsung di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/2021).

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dinilai berhasil membina sejumlah BUMD Pemprov Sumut. Ssehingga menjadi perusahaan yang sehat, berdaya saing dan berkontribusi terhadap perekonomian daerah.

Pada ajang tersebut, BUMD milik Sumatera Utara yaitu Bank Sumut juga meraih Penghargaan Bintang 5 Top BUMD Awards 2021. Kemudian Top CEO BUMD 2021 untuk alm Muchammad Budi Utomo, Direktur Utama PT Bank Sumut untuk penilaian pada tahun 2020.

Hadir pada acara tersebut, mewakili Gubernur Sumut, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Arief Sudarto Tri Nugroho. Hadir juga Komisaris Bank Sumut Syaiful Azhar, Direktur Pemasaran Hadi Sucipto, Corporate Secretary Syahdan Ridwan Siregar, Pemimpin Cabang Jakarta Bank Sumut Agus Condro Wibowo, dan Pemimpin Cabang Melawai Tresia Gati.

BUMD dan Pembangunan Daerah

Menteri BUMN RI Erick Thohir yang hadir secara vitual melalui video conference, menegaskan pentingnya sinergi BUMN dan BUMD. Dalam sambutannya mewakili Wakil Presiden RI, ia mengatakan, perlu mengedepankan sinergi BUMN dan BUMD untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

“Sinergi antara BUMN dan BUMD yang punya kesamaan visi, perlu. Sinergi dan transformasi itu bagus untuk kepentingan rakyat,” kata Erick.

Selain itu Erick mengatakan bahwa setelah terdampak Covid-19 kini ekonomi Indonesia dalam tahap pemulihan. Ada 10 propinsi yang sudah mencatat pertumbuhan positif.

“Usaha dan inisiatif dari pusat, tak cukup. Perlu keterlibatan pemda yang tentu lebih paham karakteristik daerahnya. Dan dalam hal itu, peran BUMD penting untuk jadi mitra serta menaikkan aktivitas usaha di daerah. Dengan hal itu, maka roda ekonomi daerah bisa pulih lebih cepat,” ujarnya lagi.

M Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2021, yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, memaparkan bahwa Top BUMD Awards adalah kegiatan pembelajaran dan pemberian penghargaan BUMD yang tertinggi di Indonesia.

Dasar penilaian adalah: (1) Berkinerja baik, (2) Banyak melakukan improvement/inovasi perbaikan, (3) Berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, (4) Memiliki strategi dan inovasi di masa Pandemi Covid-19 agar bisnis tetap tumbuh berkelanjutan.

Kinerja Bank Sumut

Sementara, Direktur Utama PT Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan menjelaskan, penghargaan Top BUMD Award merupakan spirit dan motivasi bagi Bank Sumut untuk lebih meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik. Khususnya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Sumatera Utara.

Rahmat juga menjelaskan, Bank Sumut berkomitmen untuk meningkatkan digitalisasi pada produk dan layanan. Sehingga sejajar dengan bank-bank BUMN atau swasta besar lainnya.

Selain itu, Bank Sumut telah memperoleh restu pemegang saham untuk melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering (IPO) pada tahun 2022 mendatang. Hal ini untuk memperkuat struktur modal dalam rangka ekspansi bisnis dan lebih meningkatkan profesionalisme dan tata kelola perusahaan.

Rahmat juga menyampaikan, saat ini tingkat kesehatan Bank Sumut juga semakin baik dengan penilaian komposit nilai 2 dari Otoritas Jasa Keuangan. Membaiknya penilaian tersebut berdasarkan beberapa indikator. Di antaranya profil risiko, tata kelola perusahaan, rentabilitas dan permodalan Bank Sumut.

Dari aspek kinerja keuangan, pada Semester I Tahun 2021, performance Bank Sumut juga tetap terjaga meski pandemi. Tercatat penyaluran kredit Rp24,3 triliun. Atau meningkat 3% YoY. Dana pihak ketiga Rp32,2 triliun. Bahkan rasio pemburukan kredit (non performing loan/NPL) Bank Sumut membaik 3,70% YoY berbanding Juni 2020 sebesar 4,44%.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment