Bupati Humbahas Serahkan Bantuan RTLH kepada 149 Penerima

Bupati Humbahas Serahkan Bantuan RTLH kepada 149 Penerima

topmetro.news – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs August Panuturi Marbun MSi serahkan Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Tahun Anggaran 2021 Tahap I dan II.

Penyerahan berlangsung kepada 149 KK masyarakat Humbang Hasundutan, Rabu (22/9/2021), di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu.

Bupati Humbang Hasundutan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam rangka mewujudkan ‘Nawacita Jokowi’, program 100-0-100. Di mana akses air minum terpenuhi untuk masyarakat 100%, kawasan kumuh habis 0, dan sanitasi tertangani 100%.

Kabupaten Humbang Hasundutan sejak tahun 2015 hingga 2020 telah mendapat alokasi Perbaikan RTLH sebanyak 6.490 unit rumah. Dengan sumber dana APBN Kementerian PUPR RI, APBD Sumatera Utara, dan APBD Humbahas.

Sedangkan untuk tahun 2021 Kabupaten Humbahas tetap mendapat alokasi sebanyak 1.000 unit. Dengan sumber dana APBN Kementerian PUPR RI dan 149 unit dari APBD Humbang Hasundutan.

Program ini sangat membantu Pemkab Humbahas untuk mengurangi kawasan kumuh dengan cara peningkatan kualitas rumah. Serta menurunkan angka stunting, dengan tersedianya sarana air minum layak, sanitasi layak (jamban dan septick tank).

Dalam program ini juga, setiap penerima bantuan Perbaikan RTLH Tahun Anggaran 2021 wajib membangun sanitasi dan air minum.

Pada kesempatan itu juga diimbau agar masyarakat yang menerima bantuan dapat menyelesaikan perbaikan rumahnya sesuai dengan jadwal dan aturan yang sudah ditentukan. “Bagi yang belum mendapat, mohon untuk tetap bersabar. Kami akan berupaya agar tahun depan mendapat porsi yang sama dengan tahun ini,” katanya.

Jumlah Penerima Bantuan

Dalam laporannya, Plt Kadis Perkim Anggiat Simanullang ST MT menyampaikan, bahwa jumlah penerima pada Tahap I sebanyak 67 penerima. Kemudian Tahap II (kedua) sebanyak 82 penerima.

“Dan ada pun tujuan kegiatan ini adalah untuk memastikan sasaran penyampaian dana Bantuan Perbaikan RTLH Tahun 2021. Dan meningkatkan sinergitas antara pelaku program sehingga pelaksanaan berjalan dengan baik,” kata Anggiat.

Besaran alokasi dana per rumah adalah sebesar Rp17.500.000. Dengan rincian Rp15 juta untuk pembelian bahan bangunan. Serta Rp2.500.000 untuk upah.

Pemberian Serbutab ini diserahkan oleh Bank Mandiri. Kemudian secara simbolis Bupati Humbang Hasundutan menyerahkannya melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs August Panuturi Marbun MSi.

Salah seorang penerima Bantuan Perbaikan RTLH, Lamtorop Simanullang, menyampaikan terimakasih kepada Bupati Humbahas yang memberikan perhatian pada masyarakatnya.

“Sehingga kami berkesempatan meningkatkan taraf hidup dengan bantuan perbaikan RTLH tahun 2021. Kiranya Tuhan YME memberikan panjang umur dan kesehatan kepada Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE dan jajarannya,” katanya.

Hadir pada kegiatan itu, Kepala Bank Mandiri Doloksanggul Yohannes Ricardo Bangkur dan penerima Bantuan Perbaikan RTLH.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment