Raker DPRD Sumut Diharapkan Hasilkan Ranja 2022 Wujudkan Sumut Bermartabat

Raker DPRD Sumut Diharapkan Hasilkan Ranja 2022 Wujudkan Sumut Bermartabat
Advertisement

topmetro.news – Raker DPRD Sumut diharapkan menghasilkan Rencana Kerja (Ranja) Tahun 2022 demi terwujudnya Sumut Bermartabat.

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting menyampaikan harapan ini saat membuka Raker DPRD Sumut, Jumat (24/9/2021), di Sibolangit Kabupaten Deliserdang.

Baskami didampingi para Wakil Ketua Dewan yaitu, Harun Mustafa Nasution, Irham Buana Nasution, Rahmansyah Sibarani dan Misno Adisyah Putra. Hadir Wagubsu Musa Rajekshah dan Pj Sekdaprovsu Afifi Lubis mewakili Gubsu.

Menurut Baskami, efesiensi dan efektivitas penyelengaraan pemerintahan daerah perlu meningkat dengan lebih memperhatikan aspek-aspek hubungan antara Gubernur dan DPRD Sumut lebih harmonis dan keterbukan demi terwujudnya Sumut yang bermartabat melalui pelaksanaan lima program strategis Gubsu.

Kelima program strategis itu, menciptakan lapangan kerja mengurangi angka pengangguran, mencerdaskan anak bangsa lewat pendidikan, membangun infrastruktur, memperbaiki layanan kesehatan, meningkatkan daya saing masyarakat dalam menghadapi persaingan semakin ketat dan mensejahterahkan masyarakat.

DPRD Sumut sebagai lembaga perwakilan rakyat daerah, lanjut Baskami, mempunyai tugas pokok dan fungsi. Yaitu pembentukan perda, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. “Pelaksanaan tugas dan fungsi dewan bisa dilaksanakan secara efektif, jika dilakukan dengan dukungan ikhlas dari seluruh anggota dewan. Dengan berpedoman peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Baskami Ginting berharap, raker dewan dapat menghasilkan Ranja DPRD Sumut Tahun 2022 sesuai peraturan berlaku. Serta jadi acuan dalam pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Sehingga dapat berjalan lebih berkualitas, efektif dan akuntabel. Terutama dalam mewujudkan APBD berpihak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumut.

“Ketiga tugas pokok dan fungsi dewan tersebut pedoman kita memperjuangkan aspirasi rakyat untuk disuarakan agar dapat diakomodir dalam menyusun kebijakan penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi Sumut,” ujarnya. Ia pun mengajak anggota dewan memusatkan pemikiran dan perhatian guna menyatukan persepsi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai amanah masyarakat Sumut.

Sinergi DPRD dan Pemprov Sumut

Sementara Wagubsu Musa Rajekshah mewakili Gubsu minta para anggota DPRD Sumut bersinergis membantu Pemprovsu mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) guna menekan laju penyebaran Pandemi Covid-19. “Kami tetap berharap melalui pimpinan dan para anggota dewan juga mensosialisasikan 3T (testing, tracing dan treatment) secara rutin dan berkala mencegah penyebaran Covid-19,” kata Ijeck.

Menurut Ijeck, setelah pelaksanaan PPKM, di Sumut, kini tidak ada lagi kabupaten/kota perlu berada di level 4. “Dari 33 kabupaten/kota, 11 sudah level 3, 21 level 2 dan 1 level 1,” katanya.

Kendati demikian, sebagai mitra Pemprovsu, DPRD Sumut hendaknya bisa bersinergis untuk ikut menekan laju pandemi. Dalam rangka mendukung pembangunan guna mewujudkan Sumut yang maju, bermartabat dan aman.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan raker tersebut terlaksana selama tiga hari mulai Kamis 23 hingga 26 September 2021. Membahas beberapa agenda, di antaranya terkait evaluasi program kegiatan tahun 2021 masing-masing alat kelengkapan DPRD Sumut. Mulai dari banggar, banmus, badan kehormatan dewan, badan perencanaan peraturan daerah dan Komisi A hingga Komisi E.

Demikian halnya pimpinan DPRD Sumut menyampaikan laporan kegiatan yang terlaksana. Dalam kegiatan tersebut juga ada laporan program kegiatan tahun 2022 yang sudah tersusun masing-masing alat kelengkapan dewan.

penulis | Erris JN

Advertisement
Advertisement

Related posts

Leave a Comment