Lapas Panyabungan Periksa Kesehatan 76 WBP, 1 Ditemukan Reaktif HIV

Lapas Panyabungan Periksa Kesehatan 76 WBP, 1 Ditemukan Reaktif HIV

topmetro.news – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Panyabungan Kanwil Kemenhumham Sumut melaksanakan kegiatan pemeriksaan TBC, HIV/AIDS dan Hepatitis. Berlangsung untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (29/9/2021).

Yang melaksanakan adalah jajaran tim perawatan di bawah Kasi Binadik dan Giatja. Tim ini bekerja sama dengan Puskesmas Panyabungan Jae. Mereka bekerja sama melaksanakan kegiatan pemeriksaan TBC, HIV/AIDS dan Hepatitis kepada 76 orang WBP Lapas Klas IIB Panyabungan. Kegiatan pemeriksaan kesehatan itu mulai pukul 09.30 WIB.

Hasilnya, 1 di antara WBP ternyata terpapar reaktif HIV. Yang mana WBP tersebut merupakan pindahan dari Rutan Labuhan Deli. Serta baru 12 hari menjalani pidana di Lapas Klas IIB Panyabungan.

Isolasi WBP

Kalapas Kelas IIB Panyabungan Hamdi Hasibuan kepada topmetro.news menjelaskan, dari hasil pemeriksaan ke 76 orang WBP, dalam kegiatan itu terdapat 1 orang WBP reaktif HIV, yang baru 12 hari pindah ke Lapas Panyabungan dari Rutan Labuhan Deli.

“Setelah kita mendapati ada 1 orang WBP yang reaktif HIV, langkah yang kita ambil langsung menempatkan WBP tersebut ke kamar isolasi,” ujarnya.

Sambungnya kemudian, sebagai langkah lanjutannya, mereka akan merujuk WBP itu ke RSUD Panyabungan. “WBP yang terlebih dahulu kita isolasi ini, akan kita rujuk ke RSUD Panyabungan untuk mendapat pemeriksaan dan perawatan lanjutan,” katanya.

“Terkait hal ini, kita juga sudah melaporkannya kepada Kakanwil Kemenkumham Sumut melalui kepala Divisi Pemasyarakatan,” bebernya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment