Bupati Taput Terima Kunjungan Tim Kemenko Perekonomian, Kementerian PPN/Bappenas, Pertanian, dan PUPR

Bupati Taput Terima Kunjungan

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi terima kunjungan Tim Kemenko Bidang Perekonomian, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pertanian, dan Kementerian PUPR, dalam Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Peningkatan Penyediaan Pangan Nasional Melalui Pengembangan Kawasan Food Estate Kabupaten Tapanuli Utara.

Kegiatan berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Jumat (15/10/2021).

Turut mendampingi Bupati Taput, antara lain, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan Marco Panggabean. Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak. Kemudian, Kadis Pertanian Sey Pasaribu, Kadis Lindup Heber Tambunan, Kadis Ketapang Longgos Pandiangan. Serta Kabag Perekonomian Fajar Gultom dan Kabag Prokopim Sasma Situmorang.

Di kesempatan itu Bupati Taput sangat menyambut baik kedatangan tim dari Kementrian ke Tapanuli Utara. “Kita sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, tentu ingin berbuat kepada negara ini. Pada intinya bagaimana pusat dan daerah bisa bersinergi. Visi Misi Kabupaten Tapanuli Utara adalah ‘Mewujudkan Taput menjadi Lumbung Pangan, Lumbung SDM dan Tujuan Wisata’. Saat ini sudah kami lakukan bagaimana Taput Surplus di bidang Pangan,” urainya.

Ia menyampaikan, bahwa pangan bukan hanya holtikulturan, tetapi juga ternak. “Ternak belum bisa terpenuhi karena masih minus, yaitu telur dan daging. Apalagi status penyakit berkaki empat,” katanya.

Ternak Babi

Dalam kesempatan itu, Bupati Taput mohon kepada Kementerian Pertanian agar mencabut status itu. “Karena sudah ada peternak babi yang tidak lagi kena penyakit. Agar kami bisa membuat pengadaan karena harga ternak babi harus berpatokan pada harga ternak babi yang ada di daerah Minahasa dan Bali. Sehingga harga jual di sini menjadi berkali lipat dan membuat acara adat istiadat menjadi tergganggu,” katanya.

Sementara itu, lanjut Nikson, holtikultura yang minus adalah bawang merah dan bawang putih. Selebihnya sudah surplus. “Di Sumut, Taput merupakan penghasil jagung terbesar. Alsintan setiap tahun kami berikan kepada kelompok tani sampai lelang cabai pun saya buat di Taput. Dan juga jaminan harga cabai dan bawang merah,” ujar Bupati.

Soal Food Estate, Bupati Taput mengaku sudah menyurati Presiden, agar PT. Indofood jangan seperti perusahaan lain yang bermasalah dengan rakyat.

“Saya menawarkan skema seperti ini, Kementerian Kehutanan menyerahkan lahan untuk Food Estate kepada pemda.Dan Pemda sebagai inti kepada PT. Indofood. Soal apa isinya mari kita diskusikan bersama. Harapan saya Taput menjadi Food Estate Tanaman Berbuah, untuk menjaga kondisi lingkungan, karena topography kita berbukit,” jelasnya.

PAD Taput

Bupati Taput mengungkapkan bahwa PAD Taput sangat sedikit. Berbeda dengan kabupaten lain yang punya batubara, tambang minyak, dan sumber alam lainnya.

“Sementara Taput hanya punya potensi tanah. Kita juga punya hasil panas Bumi oleh Sarulla Operation Ltd. Dengan perjanjian apabila sudah break even point sudah menghasilkan keuntungan akan ada pembagian ke pemda. Maka dari itu keadaan inilah yang memaksa bagaimana meningkatkan PAD. Karena Pemda Taput hanya memiliki tanah. Tolonglah kami agar tanah kami menjadi saham terhadap pihak swasta. Inilah yang menjadi keputusan kami Kabupaten Tapanuli Utara,” urainya.

Asisten Deputi Bidang Pertanian, Ketahanan Pangan, Riset, dan Teknologi Ida Dwi Nilasari mengatakan, dalam rangka kegiatan monitoring dan evaluasi Program Peningkatan Penyediaan Pangan Nasional Melalui Pengembangan Kawasan Food Estate, Sekretariat Kabinet bermaksud melakukan kegiatan tersebut ke Tapanuli Utara, Sumut pada tanggal 13-16 Oktober 2021. Bersama Kemenko Bidang Perekonomian, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pertanian, dan Kementerian PUPR.

Dalam kesempatan itu Ida Dwi Nilasari menyampaikan bahwa kegiatan tersebut fokus mengidentifikasi permasalahan program peningkatan penyediaan pangan nasional. Yakni melalui pengembangan kawasan Food Estate di Tapanuli Utara. Khususnya terkait penetapan AOI (Area Of Improvement).

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment