BPBD Humbahas Ajak Masyarakat Desa Bonandolok II Gotong Royong

BPBD Humbahas Ajak Masyarakat Desa Bonandolok II Gotong Royong
Advertisement

topmetro.news – BPBD Humbahas (Badan Penanggulangan Bencana Daerah – Kabupaten Humbang Hasundutan) mengajak masyarakat Desa Bonandolok II untuk melaksanakan kegiatan gotong royong di sepanjang Jalan Desa Bonandolok, Sabtu (16/10/2021).

Kegiatan yang diikuti oberbagai kalangan seperti Desa/Kelurahan Tangguh Bencana (Destana) serta masyarakat setempat itu dimulai pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB.

Melalui kegiatan gotong royong bersama itu, harapannya, masyarakat dapat ikut berperan serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan masing-masing. Juga sebagai upaya Pemkab Humbahas menyongsong penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi segala bentuk bencana yang mungkin terjadi.

Kepala Desa Bonandolok II Manamba Tua Simamora sangat mengapresiasi dukungan BPBD Humbahas, dalam membentuk Desa Bonandolok II menjadi Desa Siap dan Tangguh Bencana (Destana).

“Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Kamis lalu (14/10/2021). Dan hari ini kita langsung melakukan aksinya (gotroy),” ujarnya.

Keseriusan Pemkab Humbahas

Ia katakan, bahwa kegiatan gotong royong itu merupakan bukti serius Pemkab Humbahas dalam membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana). Khususnya Desa Bonandolok II. Sehingga masyarakat mampu dan siap untuk menghadapi segala bentuk bencana yang kemungkinan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Lanjutnya, gotong royong tersebut bukan hanya kegiatan bersih-bersih semata. Akan tetapi harapannya, bisa mengubah kebiasaan oleh masyarakat yang kurang sadar. Misalnya, membuang sampah ke sungai. Akan tetapi ke depannya bila melihat sampah akan memungutnya dan buang sampah ke TPA. Bukan membuang sampah ke sungai.

Lalu semisal ada longsor yang terjadi di sekitar perkampungan penduduk yang dapat mengganggu akses jalan, maka dengan adanya tim dari Destana, maka hal itu akan cepat teratasi.

Tampak beberapa petugas dari BPBD Humbahas dan Sumatera Utara turut serta dalam kegiatan gotong royong tersebut. Berawal dengan membersihkan saluran air di bahu jalan yang tertimbun longsor.

reporter | AfG

Advertisement
Advertisement

Related posts

Leave a Comment