5.749 Pelaku UMKM Aceh Singkil Terima BLT Sebesar Rp1,2 Juta

Pelaku UMKM Aceh Singkil Terima BLT Sebesar Rp1,2 Juta

topmetro.news – Sejak pembukaan proposal bantuan UMKM program peningkatan ekonomi di masa Pandemi Covid-19 secara online pada Bulan Mei lalu, sedikitnya ada 5.749 pelaku usaha mikro di Aceh Singkil mendapat bantuan UMKM masing-masing sebesar Rp1.2 juta dari pemerintah pusat.

Hal ini terlihat dari draf file yang tersebar luas di grup-grup WhatsApp. Yang di mana para penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tersebut dapat arahan untuk melakukan penarikan melalui bank swasta, yakni Bank Aceh Syariah (BAS).

Sejak BAS membuka pendaftaran, dua hari ini terlihat ratusan warga langsung memadati loket penerimaan berkas.

Rekening untuk BLT

Kepada reporter topmetro.news, Kepala Bank Aceh Syariah Cabang Singkil melalui Kasi Operasional M Said Ramadhana mengatakan, setiap harinya akan ada pembagian dua ratusan formulir kepada penerima BLT. Yang mana formulir tersebut bertujuan untuk membuka rekening.

“Dua hari ini yang sudah cair sebanyak 276 orang pendaftar. Para penerima BLT ini setelah mengisi formulir akan dihubungi oleh petugas apabila sudah masuk tahap penarikan,” ucap Said, Senin (18/10/2021).

Setiap harinya, BAS menyediakan 200 formulir untuk membatasi jumlah pengunjung sebagai upaya penerapan protokol kesehatan.

“Kita berupaya semaksimal mungkin agar para penerima BLT ini tidak menunggu lama. Dengan cara, setelah mengisi formulir mereka kita arahkan pulang. Sebelum pulang kita minta mereka mengisi kolom nomor handphone agar petugas mudah menghubungi pada saat pencairan,” katanya.

Said melanjutkan, sebagai informasi, bagi para penerima BLT tersebut sebelum datang ke bank agar membawa persyaratan. Seperti foto copy KK dan KTP. “Serta membuat surat kuasa dan mengisi SPTJM,” tutupnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment