Walikota Diharapkan Mampu Atasi Banjir Rob di Medan Utara

Walikota Diharapkan Mampu Atasi Banjir Rob di Medan Utara

topmetro.news Walikota Medan, Bobby A Nasution diharapkan mampu menuntaskan persoalan banjir pasang air laut (rob) yang setiap tahun dirasakan warga Medan Utara, khususnya yang bermukim di sepanjang pinggir pantai.

Ketua Fraksi Hanura-PSI-PPP (HPP) DPRD Medan, Renville Napitupulu mengatakan hal itu menyikapi peristiwa banjir rob di Medan Utara.

“Kita mendorong Pemko Medan segera menuntaskan masalah banjir Rob di Belawan yang setiap tahun terjadi. Walikota Medan kiranya dapat menyahuti keluhan warga yang terbangun tengah malam menyelamatkan barang perabot rumah,” ungkap Renville kepada wartawan, Senin (18/10/2021).

Ia mengaku, Pemko Medan telah berencana berkolaborasi dengan Kementerian PUPR untuk membangun tanggul sepanjang bibir pantai kiranya segera terwujud.

“Kita berharap, Pemko Medan dapat menyiapkan kajian akhir tahun ini. Sehingga awal tahun 2022 pengerjaan sudah dapat dimulai,” bebernya.

Ia juga meminta, Pemko Medan segera melakukan sosialisasi dan bekerjasama kepada pemilik perusahaan yang ada di Medan terkait rencana pembangunan tanggul. “Kerjasama itu sangat penting guna memaksimalkan kinerja apalagi bagi investor yang dapat membantu,” tandasnya.

Pansus sedang membahas terkait dengan pemetaan kawasan RTH yang saat ini Perda RTRW agar singkron. Hal itu sangat penting karena dalam pembangunan nanti kemungkinan mendapat kendala pada lapangan.

“Tujuannya agar hasli maksimal, maka sangat perlu dukungan pihak investor dan masyarakat,” imbuhnya.

Karena menurutnya, selain kondisi banjir rob yang meresahkan masyarakat, pihak investor pun ikut terganggu. Maka dalam upaya penanganan agar terhindar banjir semua pihak dapat mendukung.

Ia mengaku, agar pembangunan tanggul cepat selesai dan membuahkan hasil maksimal maka kepada masyarakat ia berharap dapat mengkuti aturan kearifan tata kelola.

“Menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan sehingga terhindar lingkungan kumuh dan semrawut,” bebernya.

reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment