Bangunan Tanpa IMB Menjamur, Kinerja Kecamatan Sunggal Deliserdang “Mandul”

Kecamatan Sunggal

topmetro.news – Kinerja Kecamatan Sunggal Deliserdang, terkesan “Mandul” dan patut dipertanyakan. Pasalnya, banyak bangunan-bangunan liar yang terkesan tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Terbukti, ada dua lokasi pembangunan tembok dan gudang yang diduga tidak memiliki IMB, berdiri di Desa Pujimulyo Kecamatan Sunggal Deliserdang.

Dua lokasi tersebut, berada di Dusun VI dan Dusun V Desa Pujimulyo, Kecamatan Sunggal Deliserdang.

Di Dusun VI, terlihat seorang pengusaha bernama Philip masih membangun tembok dan di dalamnya direncakan akan dibangun gudang. Di lokasi ini, tidak ditemukan adanya plank IMB.

Sementara di Dusun V Desa Pujimulyo, terlihat sedang dibangun gudang berlantai III dan juga tanpa memiliki kelengkapan surat IMB.

Putra (47) warga Desa Pujimulyo Kecamatan Sunggal Deliserdang saat dikonfirmasi, Selasa (19/10/2021) sekira pukul 11.15 wib menjelaskan, banyaknya bangunan-bangunan liar tanpa IMB di Kecamatan Sunggal Deliserdang, bukti lemahnya pihak Kecamatan dalam pengecekan di lapangan.

“Seharusnya, aparat Kecamatan jeli dengan banyaknya bangunan yang tidak memiliki IMB namun, para pengusaha berani mendirikan bangunan,” tutur Putra.

Padahal, lanjut Putra, dengan taatnya para pengusaha untuk mengurus surat IMB, maka akan menambah Penghasilan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Deliserdang.

“Jelas pemerintah Kabupaten Deliserdang, rugi hingga Ratusan Juta Rupiah karena banyaknya bangunan liar tanpa IMB tersebut di wilayahnya,” tegas Putra.

Terkait temuan banyaknya berdiri bangunan-bangunan liar tanpa IMB, Chandra SSos selaku Kasi Trantib Kecamatan Sunggal Deliserdang sejauh ini belum mengetahuinya.

“Terima kasih infonya bang, secepatnya akan saya cek dan jika benar tidak memiliki IMB akan ditindaklanjuti,” kata Chandra ketika dikonfirmasi melalui pesan whatsapp.

Sementara Eko Sapriadi SSos selaku Camat Sunggal Deliserdang, bungkam soal maraknya bangunan liar tanpa IMB yang berdiri di wilayahnya.

Reporter l Dian

Related posts

Leave a Comment