BKDPSDM Gelar Bimtek untuk Tingkatkan Kompetensi Kualitas SDM Tenaga Pendidik Dalam Penilaian Kinerja

Penilaian Kinerja

topmetro.news – Guna meningkatkan kompetensi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan visi misi Wali Kota Medan Bobby Nasution, Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan menggelar Bimbingan Teknis penilaian kinerja guru dalam penerapan Angka Kredit (AK) berkenaan dengan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di Hotel Grand Antares, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Selasa (19/10).

Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dibuka Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kepala BKDPSDM Zain Noval SSTP MAP ini diikuti 150 tenaga pendidik atau guru di lingkungan Pemko Medan yang dibagi menjadi tiga gelombang. Dalam Bimtek ini hadir narasumber dari Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Medan Ujang Iskandar Kabid Mutasi dan Status Kepegawaian dan tim lainnya.

Dikatakan Kepala BKDPSDM, kenaikan pangkat dan penetapan angka kredit ini menjadi persoalan klasik di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Banyak diantara PNS yang memangku jabatan fungsional seperti tenaga pendidik yang kurang memperhatikan jumlah penetapan angka kreditnya, serta syarat- syarat untuk kenaikan pangkat, sehingga melewati batas waktu yang ditentukan. Artinya melalui pertemuan ini para tenaga pendidik akan mampu mendapatkan haknya tanpa terhalang dengan kemampuan penerapan angka kredit.

“Tentu ini menjadi persoalan yang harus terus kita urai agar kenaikan pangkat PNS khususnya tenaga pendidik dapat berjalan lancar dan tanpa ada hambatan. Apalagi tahun ini penerapan SKP telah berjalan semakin baik. Melalui pertemuan ini para guru nantinya sudah bisa secara mandiri untuk mengisi SKP bulanan yang nantinya akan disinkronkan dengan penerapan angka kredit,” Jelas Zain Noval.

Dijelaskan Zain Noval, pertemuan ini menghadirkan narasumber yang handal dari Kantor Regional VI BKN Medan, sehingga diminta para tenaga pendidik dapat memanfaatkan pertemuan ini untuk menggali dan mendapatkan ilmu pengetahuan terkait dengan penilaian kinerja guru dalam penerapan angka kredit berkenaan dengan SKP.

“Peserta diharapkan dapat mengikuti dengan baik Bimtek ini agar menambah ilmu pengetahuan dan dapat membagikan ilmunya kepada peserta didik lainnya yang belum diakomodir. Kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Medan agar pihaknya juga membuat kegiatan pelatihan untuk para tenaga pendidik agar lebih meningkatkan mutu pengajar,” Ujar Kepala BKDPSDM.

Terakhir dihadapan seluruh peserta Bimtek, Zain Noval menyampaikan bahwa agar seluruh tenaga pendidik yang ingin melakukan kepengurusan administrasi individu dapat melalui unit kerja di Dinas Pendidikan atau memanfaatkan aplikasi yang telah disediakan.

 “Pengurusan administrasi pribadi  seperti kenaikan berkala, kenaikan pangkat maupun administrasi lainnya dapat memanfaatkan aplikasi.  Hal ini dilakukan agar lebih transparan dan fleksibel. sebab sering didengar  bahasa ‘jeruk makan jeruk’. Sehingga dengan sistem ini produktifitas pegawai akan lebih meningkat,” Imbuh Zain Noval.

Selanjutnya Bimtek penilaian kinerja guru dalam penerapan Angka Kredit (AK) berkenaan dengan SKP ini diisi dengan pemaparan oleh narasumber dan sesi diskusi interaktif. Sebelum memasuki ruangan pertemuan seluruh peserta Bimtek melakukan Swab Antigen sebagai syarat protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

Penulis l Rizaldi Gultom

Related posts

Leave a Comment