Kasus Covid Turun 95%, Sri Mulyani: Masalah Belum Tuntas!

Kasus Covid Turun

Topmetro.News – Kasus covid-19 turun drastis hingga 95% dibandingkan dengan situasi Juli 2021, saat ada serangan varian delta. Meski begitu, masalah ini belum berarti selesai.

“Indonesia dalam hadapi tantangan delta kita mampu sangat efektif sehingga Indonesia dalam waktu singkat bisa kendalikan jumlah kasus dan terjadi di semua daerah,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara Festival Transformasi Pelayanan Publik 2021, Selasa (19/10/2021)

“Penurunan kasus mencapai 95%. drop turunnya kasus di hampir semua kawasan. Ini sebuah pencapaian yang tidak sia-sia dan bukan sesuatu yang sepele,” papar Sri Mulyani.

Menkeu turut mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu penanganan covid, termasuk masyarakat.

“Ini langkah-langkah oleh seluruh pimpinan negara sampai daerah, dan partisipasi masyarakat sendiri,” imbuhnya.

Dua bulan lalu, situasi covid di tanah air memang begitu mencekam. Ada sekitar 50 ribu orang positif setiap harinya dan 2.000 orang meninggal dunia akibat rendahnya vaksinasi, tidak tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai di beberapa daerah, sekaligus kurangnya obat-obatan.

Situasi itu, kata Sri Mulyani bukan tidak mungkin terulang kembali. Maka dari itu pemerintah melakukan percepatan vaksinasi dari yang sekarang masih di bawah 40%.

“Meskipun kita sudah menangani covid delta, tapi masalah ini belum selesai. Vaksinasi harus terus dilakukan. Karena belum sampai 40%, harus mencapai 70%,” terang Sri Mulyani.

Di samping itu juga dilakukan peningkatan fasilitas kesehatan beserta layanan publik. Kampanye penerapan protokol kesehatan harus terus digerakkan agar masyarakat tidak lengah dan mengulang kesalahan yang sama dan mengakibatkan penularan masif.

“Kemudian kita harus hidup berdampingan ke depannya atau yang disebut endemi,” ujarnya.

BACA PULA | Kunjungi Poldasu, Effendi Simbolon: Penanganan Covid-19 di Membaik

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya, anggota Komisi I DPR RI, Effendi MS Simbolon berkunjung ke Polda Sumut untuk memantau perkembangan kasus Covid-19 di Sumatera Utara, pada Jumat (15/10/2021).

Effendi Simbolon ke Polda Sumut disambut Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra, Pangdam I/BB Mayor Jendral TNI Hassanudin. Serta juga Kabinda Sumut Brigjen Asep Jauhari Puja Laksana.

sumber | cnbcindonesia
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment