Pengusulan Asimilasi, WBP Lapas Panyabungan Test Urine

WBP Lapas Panyabungan Test Urine

topmetro.news – Untuk lebih memastikan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berkelakuan baik serta bersih dari narkoba. Tiga orang WBP Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Panyabungan kanwil Kemenkumham Sumut melakukan test urine.

“Ketiga WBP yang melakukan test urine tersebut bertujuan untuk mengikuti program asimilasi dirumah”.demikian dijelaskan Kalapas kelas IIB Panyabungan, Hamdi Hasibuan kepada topmetro.news, Selasa (2/11/2021), di ruang kerjanya.

Masih Hamdi, Lapas Kelas IIB Panyabungan berkomitmen tinggi dalam melaksanakan deteksi dini gangguan kamtib dan memberantas Handphone, Pungutan liar (pungli) dan Narkotika (Halinar) di dalam Lapas.

“Upaya-upaya pemberantasan Halinar selama ini telah lakukan, yaitu razia peredaran handphone, razia kamar/blok hunian, razia area branggang, pemindahan narapidana-narapidana ke Lapas lain yang terindikasi percobaan memasukkan narkoba. Kemudian, mencegah peredaran uang tunai yang tidak sesuai SOP dengan mengubah alat transaksi dari uang tunai menjadi koin. Dan baru baru ini adalah pelaksanaan test urine bagi warga binaan yang akan melaksanakan asimilasi di rumah,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaanya mantan Kalapas Kayu Agung kelas IIB ini juga menjelaskan, Sub Registrasi dan Bimkemas berkoordinasi dengan Tim Kesehatan dan Perawatan warga binaan Lapas Kelas IIB Panyabungan, yang terdiri dari Kasi bimnadik dan giatja, Kasubsi Perawatan, dokter Lapas dan staff perawatan, serta warga binaan yang di test urine diawasi langsung oleh staff perawatan.

“Pelaksanaan test urine kepada ketiga warga binaan yang diusulkan asimilasi di rumah ini, merupakan salah satu penentu atau indikator, apakah warga binaan kita telah berkelakuan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Tambahnya, dan ketiga WBP yang melakukan test urine tadi hasilnya dinyatakan negatif narkotika. Kedepannya, pelaksanaan tes urine bagi warga binaan akan terus dilanjutkan, dan akan dilaksanakan secara bertahap dan berkala.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment