Pemkab Asahan Gelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57

Hari Kesehatan Nasional

topmetro.news – Pemkab Asahan menggelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Tahun 2021 dengan tema ‘Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku’.

Kegiatan berlangsung di halaman Kantor Dinas Kesehatan Asahan, Jumat (12/11/2021).

Tampak hadir Bupati Asahan H Surya BSc, Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin Siregar MSi, Sekda Asahan John Hardi Nasution MSi, Plt Kadis Kesehatan Asahan dr Hari Sapna, organisasi profesi, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah/swasta, Ketua PKK Asahan Hj Titiek Sugiharti Surya, OPD, dan undangan lainnya.

Pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional itu berlangsung berbagai kegiatan. Antara lain, upacara secara virtual, vaksinasi massal, temu ramah Bupati Asahan dengan tenaga kesehatan, cek gula darah gratis, senam massal, dan apel siaga kesehatan.

Saat temu ramah, Bupati menyampaikan terima kasih kepada para tenaga kesehatan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan yang bekerja tanpa henti terlebih lagi dalam situasi Covid-19.

“Tenaga kesehatan menjadi garda terdepan saat Covid-19. Namun ini bukan hanya menjadi urusan tenaga kesehatan saja. Tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama. Target masyarakat di Asahan yang harus vaksin 75% sampai akhir tahun ini. Untuk mencapai target tersebut, semua komponen harus bekerja sama,” katanya.

“Mari kita saling bekerjasama mendorong masyarakat untuk ikut vaksin demi meningkatkan kekebalan dan ‘herd immunity’. Kita juga jangan lengah, jangan abai. Terapkan dan patuhi prokes demi keselamatan dan kesehatan bersama. Mari kita sama-sama berdoa agar pandemi ini hilang dari negeri kita,” sambung Bupati.

Momen Hari Kesehatan

Plt Kadis Kesehatan Asahan berharap peringatan HKN ini dapat menjadi momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan prokes, vaksinasi.

Ia juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan Covid-19. “Satukan tekad dan semangat sehat negeriku, tumbuh Indonesiaku untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia,” katanya.

“Pada hari ini kami akan melaunching ‘SMS Blast Covid-19’. Yang bertitik koordinat di Kantor Bupati Asahan, RSUD HAMS Kisaran dan Irian Market. Dalam jarak 1 km dari titik koordinat, setiap masyarakat akan mendapatkan notifikasi ‘SMS Blast Covid-19. Yang berisi tentang prokes, vaksinasi dan info kesehatan lainnya,” lanjut Sapna.

Vaksinasi massal tersebut diikuti 570 orang. Kemudian pada tanggal 28 November 2021 akan berlangsung vaksinasi massal tahap pertama di GOR.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment