Lantik dan Kukuhkan JPT Pratama dan Pejabat Administrator, Bupati Sergai: Berikan Dedikasi dan Loyalitas Tinggi Dalam Bekerja

Bupati Sergai H Darma Wijaya mengukuhkan empat dan melantik 11 pemangku Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Selain itu juga melantik dua Pejabat Administrasi di lingkungan Pemkab Sergai

topmetro.news – Bupati Sergai H Darma Wijaya mengukuhkan empat dan melantik 11 pemangku Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Selain itu juga melantik dua Pejabat Administrasi di lingkungan Pemkab Sergai.

Kegiatan berlangsung di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (12/11/2021). Turut mendampingi Bupati adalah, Wakil Bupati H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP.

Membuka sambutannya, Bupati Sergai Darma Wijaya mengucapkan selamat kepada para JPT Pratama dan Pejabat Administrasi yang menjalani pengukuhan dan pelantikan. Ia menegaskan agar seluruhnya dapat segera bekerja dengan semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Tentunya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi di lingkungan instansi masing-masing.

“Berikan dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam bekerja, demi memberikan pelayanan yang berkualitas,” pesannya.

Bupati menjelaskan, JPT Pratama yang dilantik merupakan hasil dari evaluasi yang telah dilaksanakan Panitia Seleksi Uji Kompetensi Kabupaten Sergai. Kemudian mendapat klarifikasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melalui Asisten Komisioner Pengawasan Bidang Pengisian JPT Wilayah II.

Serta memperoleh rekomendasi dari KASN No. B-3983/KASN/11/2021 perihal Rekomendasi Hasil Klarifikasi Atas Hasil Uji Kompetensi dan Evaluasi Kinerja PPT Pertama dan No. B3982/KASN/11/2021 Perihal Rekomendasi Hasil Uji Kompetensi PPT Pratama dalam Rangka Mutasi/Rotasi di Lingkungan Pemkab Sergai.

RJPMD Sergai

Bupati mengajak para pejabat tersebut untuk segera membaca dan kemudian meresapi serta mengimplementasikan seluruh RJPMD Sergai 2021-2026. “Saudara saya minta untuk merumuskan arah kebijakan yang tertuang dalam RPJMD ke dalam rencana strategis masing-masing OPD yang saudara pimpin,” pintanya.

Bupati melanjutkan, para pejabat harus memahami, bahwa seluruh target dalam RPJMD bukan hanya menjadi tanggung jawab Bupati dan Wakil Bupati Sergai untuk mewujudkannya. Tapi menjadi tanggung jawab bersama sebagai tim yang solid.

“Kami selaku Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tidak dapat berjalan sendiri dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Sergai. Sebagai tim yang solid, butuh sinergitas seluruh pihak, mulai dari staf ahli, asisten, inspektur serta kepala perangkat daerah beserta jajarannya. Sehingga roda pemerintah dapat berjalan di jalur yang benar serta seluruh target dapat kita capai,” jelasnya.

Harapan Bupati

Untuk para asisten, Bupati berharap agar dapat melakukan tugas-tugas dan fungsi koordinasi dalam membantu Sekda mewujudkan birokrasi profesional. Bupati juga meminta para asisten aktif dalam melaksanakan pendampingan serta evaluasi terhadap perangkat daerah yang menjadi bidang koordinasinya. Serta melaporkan secara berkala segala perkembangan yang terjadi kepada Sekda.

“Saat ini ada beberapa agenda penting yang harus menjadi perhatian bagi para asisten. Yaitu penyusunan R-APBD 2022, pelaksanaan pemilihan kepala desa yang saat ini tahapannya sudah mulai. Dan yang tak kalah penting, bencana banjir di beberapa wilayah yang harus mendapat penanggulangan segera,” papar Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.

Selanjutnya kepada para Kepala OPD, ia mengharapkan agar segera merumuskan dokumen perencanaan masa menengah maupun dokumen perencanaan tahunan. Serta menetapkan target kinerja secara berjenjang mulai dari level JPT, administrator, pengawas, dan pelaksana. Pencapaian target kinerja, sebutnya, akan menjadi alat ukur keberhasilan atau kegagalan dalam memimpin daerah.

“Terakhir kepada pejabat administrator yang dilantik hari ini, saya minta untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik. Tunjukkan dedikasi yang tulus serta kinerja yang optimal,” pungaks Bupati.

Sementara itu usai acara Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan secara singkat menyampaikan agar semua pejabat menjalankan tugas dengan dedikasi yang maksimal, profesional, dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi. Baik dalam mengabdikan diri kepada negara maupun melayani masyarakat. Hal itu demi suksesnya pembangunan di ‘Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat’.

“Mari bersama-sama kita berikan kemampuan maksimal demi mewujudkan Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

Daftar Pejabat

Ada pun JPT Pratama yang mendapat pengukuhan adalah Nina Deliana Hutabarat SSos MSi sebagai Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Sergai. Lalu, Drs Suprin MM, sebagai Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Johan Sinaga SE MAP, sebagai Kadis PU dan Penataan Ruang. Serta Drs H Akmal AP MSi sebagai Kadis Komunikasi dan Informatika.

Selanjutnya untuk JPT Pratama yang menjalani pelantikan adalah Ir H Kaharuddin MM sebagai Asisten Administrasi Umum. Kemudian, dr Bulan Simanungkalit MKes sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM. Rusmiani Purba SP MSi sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. H Ikhsan AP MSi sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah. Ir Prihatinah MSi, sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian Pembangunan dan Keuangan. Drs Nasrul Aziz Siregar sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab. Henri Suharto SH MAP sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik. Drs Dimas Kurnianto AP SH MM MSP sebagai Inspektur Kabupaten Sergai M Zuhri Lubis SE MAP sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset. Drs Fajar Simbolon MSi sebagai Kadis Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Mikro. Serta Dingin Saragih SIP MM sebagai Kepala Badan Kepegawaian.

Terakhir untuk Jabatan Administrator adalah Achyar SH MSP sebagai Sekretaris Badan Pendapatan Daerah. Dan Manutur Parulian Naibaho SSos MSi sebagai Sekretaris KORPRI Badan Kepegawaian Daerah.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment