Ketua SMSI Taput Apresiasi Jejak Kemanusiaan Satika Simamora

Ketua SMSI Taput Apresiasi Jejak Kemanusiaan Satika Simamora
Advertisement

topmetro.news – Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Taput Periode 2021-2026 Jan Piter Simorangkir, mengapresiasi jejak kemanusiaan Satika Sumatera (Ketua Tim Penggerak PKK) yang juga Ketua Yayasan Kanker Indonesia setempat.

Jan Piter menyampaikan hal itu dalam pidato pelantikannya sebagai Ketua SMSI Taput, bersama Rinto Aritonang menjadi sekretaris, Friska Panjaitan sebagai bendahara, beserta 33 pengurus lainya, Rabu (10/11/2021), di Gedung Sopo Partungkoan, Tarutung.

“Kami mengapresiasi Ibu Satika Simamora SE MM sebagai Ketua YKI yang telah memberi perhatian kepada masyarakat yang terbaring karena menderita berbagai penyakit khusus nya akibat penyakit kanker. Selain itu, Ibu Satika juga telah berupaya keras untuk membangun Rumah Masa Depan di pedesaan melalui peningkatan gerakan Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD,” ujar Jan Piter.

Ia menambahkan, Satika juga memberi perhatian serius untuk membesar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). “Ibu Satika dengan tampilan yang berani keluar dari ikatan protokoler, lazimnya seorang istri Bupati. Melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menciptakan sebuah harmoni untuk mendekatkan hubungan pribadi seorang istri Bupati dengan masyarakat di daerahnya. Sebelumnya, nuansa keakraban seperti itu sangatlah jarang terjadi. Dengan interaksi yang terbangun baik antara istri Bupati dengan masyarakat, kami berkeyakinan akan membangkitkan kembali rasa percaya diri masyarakat,” sebutnya.

Ceramah Jurnalistik

Acara pelantikan tersebut diwarnai ceramah jurnalistik dengan empat tokoh sebagai narasumber. Masing masing Drs Nikson Nababan MSi (Bupati Tapanuli Utara) dengan topik ‘Sasaran pembangunan Tapanuli Utara’. Kemudian Bishop GEPKIN Pdt Donald Pieter Sinaga MA dengan topik ‘Pers di tengah religius’. Lalu dosen pasca-sarjana Universitas HKBP Nommensen Dr Dimpos Manalu SSos MSi dari akademisi dengan topik ‘Pers dan Politik Bermartabat’.

Nikson Nababan menguraikan berbagai upaya Pemkab Tapanuli Utara untuk memajukan daerah. Di antaranya memberikan bantuan peralatan peranian, alat berat untuk membuka jalan dan mengolah lahan, serta upaya non-fisik untuk kesehateraan masyarakat dan ASN. Termasuk penyediaan dokter ahli di RSUD Tarutung.

Dr Dimpos Manalu SSos MSi pada paparanya mengemukakan, pers berpotensi besar berperan aktif dalam pembangunan kualitas demokrasi. Tetapi bisa juga menjadi benalu dalam demokrasi itu sendiri. “Anda bisa menjadi kontra produktif bagi demokrasi,” kata Dimpos Manalu kepada puluhan jurnalistik,

Ketua SMSI Sumut Ir Zulfikar Tanjung yang hadir bersama Sekretaris Erris Julieta Napitupulu beserta jajaran pengurus, Dinas Kominfo Sumut menjelaskan, SMSI lahir di Banten pada 7 Maret 2017. Kemudian menjadi konstituen Dewan Pers pada 29 Mei 2020.

Ia berharap, pengurus SMSI Taput agar solid dan bersinergi dengan masyarakat luas dan pemerintah. Serta mengibarkan bendera organisasi ini di Taput agar mendapat simpati masyarakat.

Hadir pada pelantikan antara lain, para pembina SMSI Taput. Di antaranya Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi, Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung, dan Kajari Tarutung. Penasehat, Pdt Nelson Siregar, Ketua MUI Taput Syamsul Pandiangan, Pdt Donald Sinaga, Sabungan Parapat, dr Sasmito Angkasa, Martua Situmorang, dan Leonardo Simanjuntak.

reporter | Jansen Simanjuntak

 3 total views,  1 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment