6 Bahaya Bila Anda Kurang Minum Air Putih

Minum air putih

TOPMETRO.NEWS – Minum air putih per hari disarankan sedikitnya 8 gelas. Lantas bagaimana bila kamu kekurangan minum air putih? Tentu hal ini memiliki efek negatif yang membahayakan tubuh, bukan?

Simaklah penjelasan berikut ini seputar efek akibat apabila Anda kurang minum air putih.

1. Mulut, Mata dan Kulit jadi Kering

Ketika kekurangan cairan tubuh, Anda tidak mendapat cukup elektrolit sehingga mengakibatkan mulut kering karena tidak cukup cairan untuk menghasilkan air liur. Begitu juga dengan kulit yang kehilangan elastisitasnya yang disebabkan kurangnya kelembaban.

Mata juga akan menjadi kering karena penurunan produksi air mata. Untuk menghindari ketiga hal tersebut, cukupi kebutuhan cairan dengan rajin meminum air putih.

2. Sakit Kepala

Kurang minum air putih bisa menyebabkan seseorang sering mengalami sakit kepala. Otak berisi sekira 80% air. Karena itu, saat Anda kurang minum air putih, jaringan otak kehilangan air sehingga menyebabkan penyusutan dan nyeri di sekitar otak.

Dehidrasi akan menurunkan aliran darah dan oksigen ke otak sehingga dapat menyebabkan pembuluh darah melebar di otak yang mengakibatkan pembengkakan. Inilah yang membuat Anda sakit kepala.

3. Sering Kram Otot

Saat berkeringat karena berolahraga, bisa menyebabkan penurunan kadar natrium dalam tubuh. Jika otot tak cukup dikelilingi air dan sodium, maka otot menjadi sangat sensitif. Hal ini menyebabkan kontraksi otot atau kejang otot yang tidak disengaja.

4. Selalu Merasa Lapar

Terkadang seseorang yang selalu merasa lapar bukan karena ia kurang makan. Tetapi karena kekurangan cairan tubuh. Karena dehidrasi bisa memperlambat metabolisme, kemampuan tubuh dalam membakar lemak berkurang. Kekurangan cairan tubuh juga dapat memengaruhi otak Anda sehingga bingung menentukan antara haus atau lapar.

5. Urine Gelap

Kekurangan air putih pun dapat membuat urine (air kencing) Anda menjadi gelap. Ini lantaran tidak cukup air yang mengalir melalui ginjal untuk membantu membuang racun dan menghilangkan sampah.

Jadi, urine yang dihasilkan tidak berwarna pucat atau transparan, melainkan lebih gelap karena berisi banyak sampah.

6. Bingung dan Sulit Konsentrasi

Pusing, bingung, dan sulit berkonsentrasi adalah tanda kekurangan cairan tubuh. Seharusnya, tubuh mengeluarkan cairan setiap waktu melalui berkeringat, kencing, dan lainnya. Namun jika tak cukup cairan, maka tubuh kekurangan elektrolit yang membuat pikiran berfungsi dengan baik.

Demikian penjelasannya agar asupan air putih mencukupi yah, setidaknya 8 gelas sehari. Ingat itu, biar kamu tetap sehat!

BACA PULA | Ajaib, Ini Khasiat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, banyak orang yang takut untuk minum air putih sebelum tidur. Sebagian besar alasannya karena takut Ngompol.

Padahal, kebiasaan ini mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Karena alasan ketakutan tersebut lebih sering muncul, maka nilai manfaatnya jadi terlupakan.

Di balik itu semua, minum air putih sebelum tidur tetap mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Berikut beberapa di antaranya berikut ini (silakan buka link beritanya)!

reporter | jeremitaran

sumber | KAIROS

Related posts

Leave a Comment