Terpilih Jadi Desa Budaya, Tanjung Mas Aceh Singkil Gelar Perayaan Budaya

Desa Tanjung Mas Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil terpilih menjadi Desa Budaya 2021. Desa ini mengalahkan ratusan desa se Indonesia

topmetro.news – Desa Tanjung Mas Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil terpilih menjadi Desa Budaya 2021. Desa ini mengalahkan ratusan desa se-Indonesia.

Mendapatkan rekomendasi menjadi Desa Budaya 2021 tersebut dari Kementerian bukan semudah membalikkan telapak tangan. Melainkan berkat kerja keras antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil dengan pelopor Desa Budaya serta dukungan dari Pemerintah Desa Tanjung Mas.

Seperti yang dikatakan Kepala Desa Tanjung Mas Sabirin Malau kepada reporter topmetro.news, bahwa sesuai program kementerian, Desa Tanjung Mas ditunjuk sebagai Desa Budaya dengan menyelesaikan tiga tahapan menuju Desa Budaya.

“Alhamdulillah. Desa Tanjung Mas ditunjuk sebagai Desa Budaya oleh Kementerian karena layak dan mendapatkan rekomendasi. Setelah jerih payah dari pemerintah serta tim yang terus mendukung desa ini sukses menjadi Desa Budaya,” ucap Sabirin. Kamis (18/11/2021).

Ada tiga tahapan yang dilalui sebelum ditunjuk sebagai Desa Wisata. Yaitu penelusuran, pendataan, dan peresmian. Hal ini dilakukanlah verifikasi oleh Kementerian dan dinyatakan lolos menjadi Desa Wisata 356 desa se-Indonesia. Enam di antaranya di Provinsi Aceh, termasuk Desa Tanjung Mas.

“Ada beberapa kegiatan yang kita lakukan setelah diresmikan oleh Bapak Bupati Aceh Singkil tadi. Di antaranya Bersinanggel, kuliner khas Desa Tanjung Mas, Pergelaran Festival Tari Dampeng. Di hari terakhir akan berlangsung kenduri besar dengan memotong kerbau. Selanjutnya pada malam penutupan pembagian hadiah,” ujarnya

Dari pantauan reporter topmetro.news, acara pagelaran Desa Budaya Tanjung Mas dibuka langsung oleh Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Khalilullah, serta tokoh masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu Bupati bersama rombongan menaiki Gunung Gunungan atau biasa disebut perahu yang dihiasi semenarik mungkin dengan menampilkan ciri khas Adat Singkil.

Reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment