344 Personil Polres Taput Siap Amankan Pilkades

344 Personil Polres Taput Siap Amankan Pilkades

topmetro.news – Sebanyak 344 personil Polres Taput siap mengamankan pemilihan kepala desa tanggal 22 November 2021 mendatang. Hal itu disampaikan Kapolres AKBP Ronald Sipayung SH SIK MH pada pembukaan simulasi PAM Pilkades (Tactikal Floor Game atau TFG), Kamis (18/11/2021).

Pada simulasi yang disaksikan Bupati Drs Nikson Nababan MSi itu, Kapolres menguraikan strategi pengamanan dengan pembagian tugas. PAM TPS 204 personil, PAMATWIL, Satgas PAM Pilkades 52, 31 Dalmas Polres, 30 BKO Brimob, 30 BKO Polda Sumut. Simulasi itu juga diikuti sejumlah personil Kodim 0210/TU.

“TFG ini dilaksanakan dalam manejem simulasi kegiatan polres yang sangat penting untuk penyamaan persepsi dalam data dan tindakan dalam melaksanakan tugas,” katanya.

Diuraikan, jumlah desa yang melaksanakan Pilkades di Taput 200 desa dengan jumlah DPT menyeluruh 160.492 dan 544 calon.

Kapolres menggarisbawahi, pada umumnya situasi dan kondisi Pilkades di Taput diprediksi aman. Namun demikian harus diantisipasi hal hal yang tidak diinginkan terutama desa yang jarak tempuh 2-3 jam.

Kapolres juga menguraikan, ada tiga pola pengamanan. Pola pengamanan kurang rawan, rawan, dan sangat rawan. Ada 15 desa kategori sangat rawan, 59 rawan dan 126 desa kurang rawan.

Untuk desa kategori sangat rawan, ditempatkan 2 personil per TPS, kategori rawan 1 per TPS sementara yang kurang rawan 1 per desa.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada TNI POLRI yang menjadi garda terdepan dalam pengamanan Pilkades.

Bupati menyampaikan, walaupun dalam pantauan situasi aman, terkendali dan terukur, namun bisa saja terjadi masalah. Sekecil apapun masalah itu hendaknya diselesaikan dengan koordinasi yang baik.

Bupati mengibau masyarakat yang sudah menggunakan hak pilihnya agar segera pulang dan tidak kumpul kumpul. Hasil pemilihan agar diterima semua pihak dengan lapang dada. Siap terpilih dan harus siap tidak dipilih.

Mewakili Dandim 0210/TU hadir Kapten Cinta Situmorang.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment