Awas, Pria pun Rentan Kena Kanker Payudara! Kenali Bahan Kimia Penyebabnya

pemicu kanker payudara

Topmetro.News – Kena kanker payudara, tak ada yang menginginkannya. Tapi biasanya wanitalah yang mengalami hal ini. Data secara global dunia menunjukkan penyakit ini menduduki peringkat atas dari seluruh jenis kanker yang ada. Bahkan pria pun rentan kena kanker payudara itu.

Kanker payudara menjadi sangat berbahaya jika kamu tidak menanggulanginya sejak awal, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal yang dapat meningkatnya risiko terjadinya kanker payudara.

Tidak hanya menyerang wanita, kanker payudara juga kerap mengintai pria.

Salah satu tindakan untuk mengurangi risiko penyakit ini dengan menghindari paparan bahan-bahan kimia tertentu.

Bahan Kimia Pemicu Kanker Payudara
Dari penelitian yang ada, 3 jenis bahan kimia yang terbukti meningkatkan risiko kanker payudara diantaranya:

> Pestisida dan pembunuh serangga,

> Zat campuran plastik, seperti bisphenol A (BPA) dan polyvinyl chloride (PVC),

> Bahan pembuat cat dan penghapus cat.

Nah, bila masuk ke tubuh kita, ketiga bahan itu memiliki komposisi yang mampu memberikan efek mirip hormon estrogen.

Sekadar diketahui, estrogen merupakan suatu hormon yang banyak terdapat dalam tubuh wanita.

Pria juga memiliki estrogen, namun kadarnya jauh di bawah wanita.

Fungsi utama dari hormon ini adalah mengatur organ reproduksi dan menjaga tulang tetap kuat. Akan tetapi, hormon ini juga turut berperan dalam meningkatkan risiko kanker payudara.

Pada bahan-bahan kimia di atas terdapat zat bernama xenoestrogens, yang kerjanya menyerupai estrogen dalam hal meningkatkan risiko kanker payudara.

Dalam dosis kecil, pengaruh ketiga bahan tersebut memang tidak memberikan dampak signifikan terhadap risiko kanker payudara. Namun bila digunakan bersamaan dengan bahan kimia lainnya, dalam jangka panjang dapat menimbulkan ancaman.

Bayangkan berapa banyak pembasmi serangga yang Anda gunakan di rumah. Belum lagi pembungkus makanan dari plastik, penggunaan pipa-pipa rumah yang berbahan dasar PVC, dan aroma cat rumah yang baru saja digunakan.

Sangat sulit untuk sama sekali tidak menggunakan bahan kimia pemicu kanker payudara ini. Lalu, bagaimana cara mengecilkan risikonya?

Tindakan utama yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi penggunaannya, lalu cari bahan alternatif untuk menggantinya. Misalnya, mengganti pembungkus makanan berbahan dasar plastik dengan yang berbahan kertas atau karton.

Selanjutnya, bila And mengecat ruangan, pastikan ventilasi terbuka lebar. Pastikan pula Anda baru menggunakan ruangan itu saat cat sudah benar-benar kering atau aromanya sudah hilang sama sekali.

Ahli mana pun belum berhasil menyebutkan penyebab pasti kanker payudara. Mengurangi satu per satu faktor risiko, satu-satunya cara menghindar ancaman ini.

Jadi, sebaiknya hindari bahan kimia pemicu kanker payudara itu, dan hal terpenting menerapkan pola hidup sehat sejak sekarang.

BACA PULA | Hari Tanpa Bra, Ajak Wanita Pahami Bahaya Kanker Payudara

Sebagaimana dilaporkan Topmetro.News sebelumnya, Hari Tanpa Bra atau ‘No Bra Day’ mengajak seluruh wanita di muka bumi ini agar memahami secara dini bahaya kanker payudara. Meski disadari bra memang kebutuhan vital wanita.

Tapi demi kesehatan, dunia lewat Hari Tanpa Bra berkampanye untuk tak memakai bra dalam satu hari.

Sekadar diketahui program Hari Tanpa Bra diperingati setiap 13 Oktober. Masyarakat terutama kaum hawa didorong untuk tak memakai bra dalam sehari. Meski kontroversial bagi beberapa orang, No Bra Day tampak makin populer saja.

Program No Bra Day ini diperingati dalam rangka bulan penggalangan dana amal untuk penderita kanker.

sumber\foto | KAIROS
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment