Ibu Hamil Disarankan Makan Belut, Simak Manfaatnya

belut untuk ibu hamil

Topmetro.News – Disarankan makan belut terutama untuk ibu hamil. Kamu tentu kenal belut, bukan? Bentuknya panjang, bentuknya mirip ular kecil, dan kalau dipegang sangat licin.

Nah, Belut itu masuk dalam kategori jenis ikan air tawar. Makanan olahan berbahan belut ternyata bisa membawa manfaat kesehatan, terkhusus bagi kamu yang sedang ‘berbadan dua’.

Setidaknya, cek manfaat belut untuk ibu hamil lewat fakta medis berikut ini!

Belut pun diketahui kaya protein yang mudah ditemukan di Indonesia.

Bahkan, konsumsi belut untuk ibu hamil dihubungkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan.

Belut aman untuk ibu hamil karena kadar merkurinya yang rendah.

Hewan ini sering diolah menjadi berbagai macam bentuk makanan, sehingga menjadi favorit sebagian orang. Apakah Anda salah satu penggemar belut?

Jika ya, Anda mesti merasa beruntung karenanya. Pasalnya, menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, belut kaya akan protein, vitamin A, B, D, dan omega-3.

“Belut juga sumber lemak dalam bentuk omega-3,” kata dr. Sara.

belut untuk ibu hamil2

Manfaat Belut untuk Ibu Hamil

Dilansir dari Momjunction, berikut ini beberapa khasiat belut untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan Stamina

Belut mengandung kalori yang lumayan tinggi. Belut seukuran 454 gram mengandung 1350 kalori di dalamnya.

Ibu hamil yang rutin makan belut bisa memenuhi kebutuhan energi harian, sehingga tak mudah lelah dalam menjalani aktivitas.

2. Membantu Perkembangan Janin

Ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan protein harian dengan mengonsumsi belut. Sebab, 100 gram belut mengandung 18,4 gram protein di dalamnya.

Saat masa kehamilan, memenuhi kebutuhan protein sehari-hari akan membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

3. Meningkatkan Tonus Otot

Konsumsi belut untuk ibu hamil dapat meningkatkan kemampuan otot dan meminimalkan akumulasi lemak dalam tubuh. Hal ini memudahkan Anda untuk mengontrol berat badan selama kehamilan.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Belut mengandung arginin atau asam amino, yang dapat memicu hormon pertumbuhan pada manusia. Hal tersebut disebut-sebut bermanfaat untuk menurunkan risiko pertumbuhan sel-sel ganas, termasuk kanker.

5. Membuat Tulang Menjadi Kuat dan Sehat

Kandungan mineral fosfor pada belut dapat membuat tulang Anda menjadi kuat dan sehat. Manfaat belut ini tak hanya untuk kesehatan tulang ibu hamil, melainkan berlaku untuk bayi yang ada di dalam kandungannya.

6. Baik untuk Janin

Makan belut saat hamil diyakini dapat menurunkan risiko kelahiran prematur, berat badan janin rendah, serta cacat tabung saraf seperti spina bifida, anencephaly, dan encephalocele.

Manfaat belut untuk ibu hamil hanya bisa dirasakan apabila mengonsumsinya dalam jumlah tepat alias tidak berlebihan.

Melansir Medical News Today, belut merupakan jenis ikan berlemak. Makanya, konsumsi belut secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan peradangan.

Selain memperhatikan porsi, ibu hamil yang hendak mengonsumsi belut juga mesti memperhatikan tingkat kematangannya. Pastikan hanya mengonsumsi belut yang telah matang sempurna, atau diolah dengan suhu 63 derajat celsius.

Dikutip dari Pregnancy Food Checker, konsumsi belut mentah tidak disarankan, karena darahnya mengandung racun.

BACA PULA | Ssst… Inilah 6 Ikan Paling Berbahaya di Dunia

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya, tahukah kamu dimana ikan paling berbahaya di dunia?

Sebagaimana kita ketahui, ikan adalah anggota vertebrata yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Jenisnya disebut sebagai yang paling beraneka ragam dengan bentuk indah.

Jumlah spesiesnya pun tercatat lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Umumnya, hewan air ini ditemukan bebas di berbagai kondisi lingkungan.

sumber\foto | KAIROS
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment