Veteran Sambangi Baskami Diskusikan Penanaman Nilai Juang ’45 ke Generasi Muda

Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Markas Daerah Sumatera Utara berkunjung ke DPRD Sumatera Utara, Senin (30/1/2021)

topmetro.news – Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Markas Daerah Sumatera Utara berkunjung ke DPRD Sumatera Utara, Senin (30/1/2021).

Ketua LVRI Sumatera Utara Mardjono mengatakan kedatangan tersebut guna bertatap muka langsung dengan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. “Kami akan berdiskusi mengenai penanaman nilai juang 45 bagi generasi penerus,” ujarnya.

Menurut Mardjono, para veteran bersedia sebagai penatar nilai juang ’45 pada para generasi muda. “Banyak generasi muda membuat hal-hal yang kreatif. Tetapi kita mesti tidak boleh melupakan perjuangan para pahlawan yang telah tiada, baik merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” katanya.

Mardjono mengatakan, veteran terbagi tiga klasifikasi. Pertama, veteran yang berjuang merebut kemerdekaan hingga proklamasi 1945. “Kemudian para veteran yang mempertahankan kemerdekaan baik dari Agresi Militer Belanda, hingga operasi Seroja di Timor-Timor,” jelasnya.

Klasifikasi terakhir, kata Mardjono yakni veteran yang berasal dari para tentara yang ikut berkiprah dalam pasukan perdamaian dunia di bawah kendali PBB.

“Tentara yang berhadapan dengan pihak asing, dalam daerah konflik juga masuk ke dalam veteran,” jelasnya.

“Menurut saya, para veteran yang masih diberi kesanggupan, ingin berkiprah menanamkan nilai juang itu kepada generasi muda. Kami siap membantu pemerintah,” tambahnya.

Bagi Mardjono, penanaman nilai juang ’45 kepada generasi muda mampu membentengi generasi penerus dari paham-paham radikal yang mengancam keutuhan bangsa.

“Kita sama mengetahui adanya paham radikal yang hendak mengganti Pancasila ini. Maka saya kira kita harus tanamkan terus nilai juang 45 dan rasa cinta tanah air kepada generasi muda,” ungkapnya.

Menurut Mardjono, para pejuang ’45 wajib mewariskan rasa cinta tanah air, percaya diri, pantang menyerah, rela berkorban dan mengutamakan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment