Banjir dan Longsor Melanda, ini Data dari BNPB Madina

Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sabtu (18/12/2021), musibah banjir dan longsor tidak ada menelan korban jiwa

topmetro.news – Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sabtu (18/12/2021), musibah banjir dan longsor tidak ada menelan korban jiwa.

Akan tetapi, akibat curah hujan yang tinggi sejak Hari Jumat sore (17/12/2021) kemaren sampai hari ini, telah banyak masyarakat yang tinggal di bantaran sungai dan desa-desa yang terdampak banjir terparah telah mengungsi untuk sementara.

Berikut informasi desa dan kecamatan yang mengalami banjir dan longsor di Kabupaten Madina berdasarkan data yang topmetro.news peroleh dari BNPB Madina :

1. Wilayah Kecamatan Natal, terjadi Banjir di Desa Patiluban Mudik ± 250 rumah terendam, Desa Sikara Kara IV ± 400 rumah terendam, Desa Bonda Kase ± 250 rumah terendam, Desa Balimbing ± 200 rumah terendam, Desa Kampung Sawah ± 350 rumah yang terendam.

2. Kecamatan Ranto Baek, terjadi banjir di Desa Sampuran dan Desa Huta Nauli ± 187 rumah terendam, banjir di Desa Ranto Panjang, Desa Muara Bangko, Desa Lubuk Kancah. Dan terjadi juga longsor di Desa Dua Sepakat yang mengakibat jalan putus total.

3. Kecamatan Lingga Bayu, terjadi banjir di Desa Kampung Baru, Desa Simpang Gambir (Pasar), Desa Lancat, Desa Tapus, Desa perbatasan lebih kurang 200 KK/ 150 rumah terendam, Desa Aek Garingging dilaporkan ada 2 (dua) jembatan gantung hanyut, Desa Sikumbu dan Desa Lobung jalan penghubung desa terancam putus, dan terjadi longsor di Desa Rantobi.

4. Kecamatan Batang Natal, terjadi longsor di Desa Ranto Sore dan Desa Muara Soma.

5. Kecamatan Panyabungan, terjadi banjir di Kelurahan Panyabungan III, Desa Pidoli Dolok (Kampus STAIN Madina), Desa Adianjior, Pidoli Lombang dan Desa Pagaran Tonga.

6. Kecamatan Hutabargot, terjadi banjir di Desa Hutabargot Nauli dan Desa Kumpulan Setia.

7. Kecamatan Sinunukan, terjadi banjir di Desa Bintungan Bejangkar dan Desa Banjar Aur.

8. Kecamatam Panyabungan Barat, terjadi banjir di Kelurahan Longat (luapan sungai Aek Sair) dan Desa Batang Gadis Jae, Desa Barbaran dan Panyabungan Jae.

9. Kecamatan Panyabungan Timur, terjadi longsor dan juga banjir di Desa Tebing Tinggi dimana satu unit rumah rusak berat, Desa Tanjung Julu satu unit rumah tertimbun longsor.

10. Kecamatan Panyabungan Utara, terjadi banjir di Desa Baringin Jaya dimana satu masjid ikut terendam, Desa Kampung Baru (luapan sungai Batang Gadis), Desa Torbanua Raja (lahan pertanian terancam gagal panen).

11. Kecamatan Nagajuang, terjadi banjir di Desa Tambiski dimana akses jalan terancam putus, Desa Tarutung Panjang Jembatan dikabarkan hampir putus.

12. Kecamatan Panyabungan Selatan terjadi longsor di titik dekat rumah makan Aek Saroga III.

13. Kecamatan Siabu, terjadi banjir di Desa Huta Godang Muda, Tanjung Sialang dan Desa Muara Batang Angkola.

14. Kecamatan Muara Batang Gadis, terjadi banjir di Desa Singkuang dilaporkan menggenangi rumah warga dan jalan lintas sepanjang 100 meter denganketinggian air 80 cm.

15. Kecamatan Batahan, terjadi banjir di Desa Batu Sondat, Desa Kampung Kapas, Desa Banjar Aur, Kelurahan Pasar Batahan dan Desa Batahan III.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment