Cara Mengunci Aplikasi Biar Data Pribadi Tidak Bocor

mengunci aplikasi

topmetro.news – Cara mengunci aplikasi agar data pribadi aman, banyak orang yang ingin mengetahuinya. Baik pengguna Android maupun iPhone tentu ingin mendapatkan perlindungan yang tepat, terutama yang berhubungan dengan privasi.

Oleh karena itu, untuk mengaplikasikan aplikasi itu mereka mencari berbagai cara agar aplikasi penting di smartphone tidak bisa diakses atau dibuka oleh pihak lain secara sembarangan.

Tidak bisa dipungkiri jika semakin banyak orang yang penasaran dengan privasi orang lain. Padahal, hal tersebut merupakan ranah pribadi yang tidak seharusnya dicampuri oleh orang lain.

Tidak bisa dipungkiri jika semakin banyak orang yang penasaran dengan privasi orang lain. Padahal, hal tersebut merupakan ranah pribadi yang tidak seharusnya dicampuri oleh orang lain.

Untuk menjaga keamanan dan privasi pengguna smartphone, salah satu langkah penting yang perlu diterapkan ialah dengan mengunci aplikasi penting seperti WhatsApp, Instagram, Galeri dan sebagainya.

Aplikasi penguncian yang paling direkomendasikan untuk tujuan ini adalah AppLock yang merupakan aplikasi gratis yang dibuat oleh DoMobile Lab. Untuk menerapkan aplikasi tersebut, berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan. Berikut ini cara mengunci aplikasi di Android yang bisa ditiru, seperti dilansir dari Life Wire, Kamis (10/12/2020).

1. Cara Mengunci Aplikasi di Android dengan Pinning

Setiap versi Android kemungkinan mempunyai cara yang berbeda untuk mengunci aplikasi dengan pinning. Bagi pengguna Android 10 dan Android 9.0 Pie berikut langkahnya:

– Buka Settings dan select Security atau Biometrics and Security > Other Security Settings.

– Scroll down ke Advanced.

– Select toggle di sebelah Pin Windows.

– Hidupkan toggle Screen Pinning untuk mengaktifkan screen pinnin.

– Pilih Ask for PIN sebelum melepas pin untuk mengaktifkannya untuk meningkatkan keamanan.

– Pilih ikon Overview (kotak di bagian bawah layar), lalu ketuk ikon aplikasi yang ingin Anda sematkan.

– Select Pin aplikasi ini.

– Tekan dan tahan Back and Overview secara bersamaan untuk melepas pin aplikasi.

– Enter pin, pattern, password, atau opsi keamanan biometrik untuk unpin layar.

– Kemudian aplikasi unpinned. Cara mengunci aplikasi di atas dapat bermanfaat untuk melindungi data pribadi di smartphone kesayangan Anda dari tangan-tangan jahil di jagat maya.

sumber | sindonews.com

Related posts

Leave a Comment