Pemkab Humbahas Bantah Adanya Oknum ASN Dinkes Pesta Miras

perihal beredarnya video berisi beberapa ASN dari Dinas Kesehatan sedang berjoget sambil memegang sebuah botol minuman
Advertisement

topmetro.news – Pemkab Humbahas dalam sepekan terakhir diterpa isu yang kurang baik. Yakni perihal beredarnya video berisi beberapa ASN dari Dinas Kesehatan sedang berjoget sambil memegang sebuah botol minuman. Kemudian oleh beberapa media menyatakan bahwa ASN tersebut menenggak minuman keras.

Sekda Humbang Hasundutan Drs Tony Sihombing dalam konferensi pers, Jumat (14/1/2022), di Kantor Dinas Kesehatan, mengatakan, bahwa Pemkab Humbahas secepatnya memeriksa seluruh ASN yang terekam dalam video tersebut. “Secepatnya akan kita periksa. Baik itu ASN yang berjoget dan juga kepala dinasnya,” ujarnya.

Tony juga menambahkan, bahwa kejadian itu di luar jangkauan, karena sudah di luar jam kantor dan terjadi secara spontanitas. “Hanya pesan moral yang bisa saya sampaikan kepada mereka. Dan karena suasana pesta itulah, sehingga mereka (ASN Dinas Kesehatan Humbahas) bercanda ria,” tutupnya.

Pada konferensi pers itu, turut mendampinginya, Kadis Kominfo Hotman Hutasoit dan Kadis Kesehatan drg Hasudungan Silaban. Juga beberapa pegawai Dinas Kesehatan Humbahas

Sementara itu, drg Hasudungan Silaban memaparkan dan membantah isi dalam video viral tersebut. Menurutnya tidak ada ASN Dinas Kesehatan Humbahas yang menenggak minuman keras.

“Coba Bapak/Ibu evaluasi (video). Bisa kita lihat secara seksama, bahwa dalam video tersebut tidak ada setetes pun yang ditenggak oleh para PNS kami, ada pun yang dipertontonkan oleh mereka adalah hanya untuk hiburan semata,” paparnya.

Lanjut Hasudungan, ia sama sekali tidak mengetahui akan kedatangan para PNS Dinas Kesehatan ke kediamannya. Hal itu mengingat kediamannya merupakan ‘rumah parsaktian’ (tempat berkumpulnya para anggota keluarga dalam acara adat maupun yang lainnya).

“Saya tidak mengetahui kedatangan mereka. Dan memang ini sebuah surprise (kejutan) di hari ulang tahun saya. Dan memang kediaman saya adalah rumah parsaktian dan di dalam rumah itu terdapat koleksi botol-botol minuman yang sengaja dibawa oleh saudara saya. Jadi kesimpulannya, tidak ada di antara mereka yang menenggak minuman keras. Dan memang ada oknum-oknum yang memang sengaja ingin menjatuhkan kredibilitas Pemkab Humbahas, bukan hanya Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Membuat Laporan

Soal pemberitaan beberapa media yang menyatakan bahwa adanya oknum ASN Dinas Kesehatan Humbahas yang meneggak miras, Hasudungan mengatakan bahwa sudah melaporkan ke pihak berwajib.

“Kami sudah sepakat untuk membuat laporan, terkait pencemaran nama baik. Karena kami merasa, kami tidak seperti yang berita sebelumnya. Dan banyak tekanan yang kami alami setelah video tersebut muncul. Maka untuk itu kami mengucapkan yang sebenarnya,” tutupnya.

Terpisah, SES (37), salah satu ASN Dinas Kesehatan Humbahas yang ikut dalam acara ulang tahun Kadis Kesehatan, menjawab media melalui sambungan telepon selulernya mengatakan, bahwa kejadian tersebut di luar jam kerja.

“Di saat teman saya berjoget saya memberikan botol bekas kosong. Dan saya tidak tahu bahwa itu adalah bekas botol minuman keras. Jadi kejadian yang sebenarnya tidak seperti berita di beberapa media cetak dan media sosial. Kami tidak ada pesta miras dan teman saya tidak ada menenggak ninuman keras. Dan kami berjoget hanya untuk melepaskan kepenatan karena beban pekerjaan berat. Dan seharusnya video tersebut hanya untuk internal kami saja,” ujarnya.

reporter | AfG

Advertisement
Advertisement

Related posts

Leave a Comment