Polres Simalungun Mendadak Tes Urine Anggota Secara Acak

Polres Simalungun lakukan tes urine secara mendadak

topmetro.news – Usai apel pagi, Polres Simalungun lakukan tes urine secara mendadak kepada anggota yang terpilih secara acak. Pengetesan ini berlangsung di Polsek Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, Rabu (19/1/2022) pagi.

Yang melaksanakan adalah Urkes serta dalam pengawasan secara ketat oleh Provos Polres Simalungun.

Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto SIK SH MH melalui Kasi Propam Iptu L Silalahi menjelaskan, bahwa maksud dari pemberlakuan tes urine adalah untuk memastikan bahwa tidak ada anggota yang terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba.

Lanjut Kasi Propam, kegiatan tes urine ini sengaja mereka laksanakan secara mendadak tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada para anggota.

“Tes urine mendadak dilaksanakan guna mendeteksi kemungkinan adanya oknum anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.“ ucap Kasi Propam.

Kasi Propam menegaskan bahwa pihaknya tak akan segan-segan memberikan tindakan tegas bagi anggota yang ketahuan dan terbukti mengkonsumsi narkoba. Ini dilakukan setelah adanya ancaman tegas dari Kapolri, bila ada anggota Polri yang terlibat penyalahgunaan maka akan ditindak.

“Kapolri sudah sangat tegas memerintahkan. Apabila ditemukan anggota Polri yang kedapatan menyalahgunakan narkoba, sanksinya diberhentikan dengan tidak hormat dan dipidanakan,” katanya.

Kasi Propam menjelaskan lebih jauh, tes urine terlaksana dengan menggunakan alat test kit yang hasilnya bisa ketahuan dalam jangka waktu yang sangat cepat usai pemeriksaan. Sehingga sangat sulit untuk disembunyikan.

Kasi Propam mengaku bersyukur, karena berdasarkan hasil pemeriksaan yang berlangsung kepada 10 anggota, tidak ada satu pun yang menunjukan hasil positif.

reporter | David Napitu

Related posts

Leave a Comment