Bupati Karo Lakukan MoU dengan PT Telkom Indonesia Wujudkan Program Digitalisasi

Pemkab Karo dengan PT Telkom Indonesia

topmetro.news – Bupati Karo Cory S Sebayang menandantangani MoU/kerjasama antara Pemkab Karo dengan PT Telkom Indonesia, guna mewujudkan ‘Program Smart Government Services’ (Program Digitalisasi), Kamis (20/1/2022), di Kantor Graha Merah Putih Medan.

Program Smart Government Services yang akan diterapkan di Dinas Kominfo Kabupaten Karo ini dilakukan melalui ‘Trial Satu Data Indonesia’.

Berdasarkan relis yang disampaikan Dinas Kominfo Karo, penandatanganan kerjasama ini bertujuan sebagai langkah awal untuk PoC (Proof of Concept) produk Bigbox, yang merupakan produk ‘Leap Telkom Digital’.

“Hal ini sebagai solusi kebutuhan implementasi layanan ‘Satu Data’ di Pemkab Karo, sesuai dengan Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia,” tulis Dinas Kominfo Karo melalui relisnya.

Dengan adanya ‘Satu Data’ dari ‘BigBox Telkom’, bisa membantu untuk digitalisasi pemerintahan terutama dalam tata kelola data pemerintah.

Pemerintah Berbasis Digital

Bupati Karo sangat menyambut positif terkait adanya kesepakatan bersama ini. Dan ia berharap, kesepakatan itu dapat mendukung penyelenggaraan ‘Sistem Pemerintah Berbasis Digital’.

“Pengelolaan satu data yang terintegrasi sangatlah penting untuk perencanaan dan penyelenggaraan pemerintah. Hal ini sejalan dengan amanat Perpres No. 39/2019 tentang Satu Data Indonesia,” ucap Cory S Sebayang dalam sambutannya.

Turut hadir dalam MoU tersebut, Kadis Kominfo Karo Drs Jhonson Tarigan, Kadis Kominfo Kabupaten Dairi Aryanto Tinambunan SP MSi, Plt Dinas Kominfo Binjai Drs Meidi Yusri, Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhammad Fajrin Rasyid.

Selain itu, juga hadir Vice President Digital Business Strategy and Governance Dr Riza AN Rukmana, EVP TREG 1 Sumatera Semly Saalino, GM Witel Medan Mustakim Wahyudi, GM Witel Sumut Remigius Adam Widodo, beserta seluruh SM & OSM maupun senior leaders.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment