Ketua PKK Asahan Tanam Bunga di Sepanjang Jalan Kota Kisaran

penanaman bunga sepanjang jalan

topmetro.news – Pemkab Asahan melalui Dinas Lingkungan Hidup kerjasama dengan PKK melakukan penanaman bunga sepanjang jalan di Kota Kisaran, Kamis (27/1/2022). Penanaman berlangsung dari Jalan Cokroaminoto sampai Jalan Imam Bonjol.

Penanaman bunga tersebut memberikan contoh kepada Dinas Lingkungan Hidup tentang jenis tanaman bunga apa saja yang dapat ditanam di sepanjang jalan yakni lili paris, lidah mertua, pandan, matahari.

“Tidak perlu mahal jenis bunganya. Tetapi dapat membuat keindahan dan membuat pandangan mata yang melihat menjadi sejuk,” kata Ketua PKK Asahan Hj Titiek Sugiharti Surya.

Pada kegiatan itu, turut mendampingi antara lain, Ketua Dharma Wanita Asahan Hj Derlina John Hardi, Kadis LH, Kadis Perhubungan, dan Camat Kisaran Barat.

Hj Titiek mengatakan, partisipasi masyarakat perlu dalam penataan taman sepanjang jalan di Kota Kisaran. Sehingga terlihat rapi, bersih, asri, indah, dan sejuk.

“Saya berharap kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar Kota Kisaran ikut membantu Pemkab Asahan dengan menanam bunga di depan rumah maupun toko tempat usahanya. Agar harapan kita menjadikan Asahan yang rapi, bersih, asri, indah, dan sejuk dapat terwujud,” katanya.

“Jika Asahan rapi, bersih, asri, indah, dan sejuk maka secara otomatis hidup kita akan menjadi sehat. Apalagi saat ini kita berada pada kondisi Pandemi Covid-19. Pola hidup bersih dan sehat harus tetap kita terapkan. Sehingga kita terhidar dari wabah tersebut,” kata Hj Titiek.

Hj Titiek mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi prokes dengan memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Lanjutkan Penanaman Bunga

Kadis Lingkungan Hidup H Rahmat Hidayat Siregar MSi mengucapkan terima kasih kepada Ketua PKK karena telah memberikan contoh tentang jenis bunga yang cocok di median Jalan Kota Kisaran.

“Dan kami akan melanjutkan penanaman bunga tersebut. Dinas LH akan terus berupaya menata taman perkotaan dan memperbaiki lampu taman. Sehingga harapan Ketua PKK dapat tercapai, ‘Asahan yang rapi, bersih, asri, indah dan sejuk’,” kata Hidayat

Untuk mencapai tujuan tersebut perlu peran serta masyarakat Kota Kisaran. Yakni dengan menanam bunga dan menyalakan lampu pada malam hari di depan rumah dan toko.

“Bukan hanya keindahan yang kita dapatkan. Tetapi kerawanan Kamtibmas pada malam hari dapat kita cegah,” katanya.

Dinas LH akan menata kembali tanaman yang mengganggu pengendara yang melintas khususnya di persimpangan. Sehingga tidak terjadi laka lantas.

Hidayat berharap kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Sebaiknya menyimpan terlebih dahulu sampah, sebelum kendaraan pengangkut sampah tiba di depan rumah atau tempat usaha.

“Sehingga kebersihan Kota Kisaran yang kita inginkan dapat tercapai,” katanya.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment