Bupati Taput Hadiri Penandatanganan Kontrak DAK Bidang Jalan TA 2022

Bupati Taput Hadiri Penandatanganan Kontrak DAK Bidang Jalan

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi menghadiri penandatanganan kontrak antara PPK dengan penyedia untuk kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Jalan TA 2022 pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapanuli Utara.

Kegiatan berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Tarutung Kamis (10/2/2022). Turut mendampingi bupati antara lain, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak, Kadis PUPR Dalan Simanjuntak, Kadis Pariwisata YC Hutauruk, dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah terkait.

Dalam arahannya Bupati Nikson Nababan menyatakan bahwa tujuan dan harapan pelaksanaan lelang dini/pra DPA adalah untuk percepatan penyerapan anggaran. Serta percepatan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara. Sehingga masyarakat dapat menikmati hasilnya lebih awal. Makin cepat pembangunan, makin cepat pertumbuhan ekonomi.

“Kami berharap agar pengguna anggaran PPK, PPTK, pengawas dan rekan kami penyedia agar segera melaksanakan pengukuran awal/pematokan dan segera lanjut dengan pelaksanaan pekerjaan lapangan. Sehingga pekerjaan dapat selesai tepat waktu. Sesuai dengan jadwal yang tertuang dalam kontrak/surat perjanjian,” tutur Bupati.

“Para pengawas dan rekanan yang kami banggakan, dalam pelaksanaan pekerjaan di lapangan kami harapkan agar penyedia dapat bekerja sesuai dengan spesifikasi yang terdapat di dalam kontrak. Dan pihak pengawas dari Dinas PUPR Kabupaten Tapanuli Utara agar meningkatkan kinerjanya. Sehingga tidak terjadi kelebihan bayar atau temuan dari hasil pemeriksa internal dan eksternal nantinya. Namun hasil pekerjaan kita dapat tepat mutu, tepat waktu, dan tepat biaya,” ungkap Nikson Nababan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tapanuli Utara memaparkan bahwa pada Bulan Desember Tahun 2021 Pemkab Taput telah melaksanakan tender dini terhadap kegiatan yang bersumber dari DAK, yaitu:

A. DAK bidang jalan terdiri atas enam paket pekerjaan dengan pagu Rp19.450.892.000. Antara lain: 1. Rekonstruksi Jalan Garoga – Rianiate, 2. Rekonstruksi Jalan Onan Tukka – Simanampang, 3. Rekonstruksi Jalan Parcur Batu – Lobu Haminjon, 4. Rekonstruksi Jalan Sp Pacuan – Silaitlait – Batas Humbahas, 5. Pemeliharaan berkala/rehabilitasi Jalan Sarulla –Sipetang, dan 6. Pemeliharaan berkala/rehabilitasi jalan Siparendean – Huta Mamungka – Adian Nalambok.

B. DAK bidang sumber daya air terdiri atas enam paket pekerjaan dengan pagu Rp5.016.597.000. Antara lain: 1. Rehabilitasi jaringan irigasi d. I. Aek Martindi (100 ha), 2. Rehabilitasi jaringan irigasi d. I. Siborgung kiri/kanan (159 ha), 3. Rehabilitasi jaringan irigasi d. I. Sidolgi (140 ha), 4. Rehabilitasi jaringan irigasi d. I. Silangkitang (200 ha), 5. Rehabilitasi jaringan irigasi d. I. Sitampurung (225 ha), 6. Rehabilitasi jaringan irigasi d. I. Suppol (60 ha).

Selanjutnya Bupati Nikson Nababan menjelaskan bahwa dari 12 paket pekerjaan yang telah dilelangkan, yang saat ini pada tahapan penandatanganan kontrak ada 4 paket pekerjaan. Sedangkan 8 paket pekerjaan lainnya akan segera menyusul.

Ada pun ke 4 pekerjaan dimaksud adalah: 1. Rekonstruksi Jalan Garoga – Rianiate Rp3.360.394.500,02, 2. Pemeliharaan berkala/rehabilitasi Jalan Sarulla –Sipetang Rp2.964.600.000,00, 3. Rekonstruksi Jalan Sp. Pacuan – Silaitlait – Batas Humbahas Rp2.909.727.678,79, dan 4. Pemeliharaan berkala/rehabilitasi Jalan Siparendean – Huta Mamungka – Adian Nalambok Rp.2.959.800.000,01.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment