Bupati Tapanuli Utara Hadiri Pelantikan DPD HKTI Taput

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi menghadiri pelantikan DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2022

topmetro.news – Bupati Tapanili Utara Drs Nikson Nababan MSi menghadiri pelantikan DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Taput Tahun 2022.

Berlangsung di Jalan DI Panjaitan Tarutung, Jumat (11/2/2022). Turut hadir bersama bupati antara lain, Staf Ahli Administrasi Umum Donna Situmeang, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak, dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah terkait.

HKTI adalah organisasi sosial berskala nasional, berdiri sendiri, dan mandiri yang pengembangannya berdasarkan aktivitas, profesi, dan fungsi di dalam bidang agrikultur atau pertanian. Dan juga soal pengembangan pedesaan. Sehingga memiliki karakter profesional dan persaudaraan.

Dalam sambutannya, Nikson Nababan mengatakan, HKTI Tapanuli Utara merupakan wadah untuk memperkuat sinergi guna memikirkan langkah-langkah strategis untuk membangun petani dan pertanian di daerah itu.

“HKTI harus dekat dengan petani dan memperjuangkan nasib petani. HKTI merupakan mitra pemerintah. Tetapi HKTI juga harus kritis apabila ada kebijakan yang merugikan petani. Dan ke depannya bisa bekerjasama untuk memajukan sektor pertanian dan memakmurkan petani pada intinya. Sebagai mitra strategis dari pemerintah, masalah pertanian akan selesai apabila ada kerjasama dari semua pihak. Kita harus memajukan dan mencintai komoditas Tapanuli Utara,” ujar bupati.

Selanjutnya bupati menambahkan, bahwa HKTI Kabupaten Tapanuli Utara harus mampu mengembangkan digital farming. Kemudian harus membangun database dan menginvertarisasi produk-produk daerah Kabupaten Tapanuli Utara. Serta harus bisa menjadi solusi bagi petani dan pertanian di Tapanuli Utara.

Nikson berharap, HKTI sebagai organisasi petani yang menyerap aspirasi semua petani dapat menjaga ketersediaan pangan ke depan. Apalagi di tengah Pandemi Covid-19 saat ini.

“Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Umum HKTI bersama-sama dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia dalam membangun sinergi serta terlibat langsung. Sehingga kehadiran HKTI memberikan nilai tambah bagi petani Indonesia pada umumnya dan petani di Kabupaten Tapanuli Utara pada khususnya,” tutup Nikson Nababan.

HKTI Multigenerasi

Pengurus DPD HKTI Tapanuli Utara yang mengikuti pelantikan di antaranya, Erikson Sianipar (ketua), Tulus Lumbantobing (sekretaris), dan lainnya.

Selanjutnya Erikson Sianipar menyampaikan laporannya. Bahwa kepengurusan HKTI adalah multigenerasi, di mana milenial 35% dan generasai lainnya 65%.

“Program yang akan dijalankan ke depannya oleh HKTI adalah melakukan transformasi. Salah satunya membuat perubahan, seperti melakukan transformasi organisasi yaitu membangun petani yang cerdas,” katanya.

“Budaya kita di sini adalah budaya yang berpihak kepada petani. Maka kita harus jadikan petani itu bangga. Kemudian bagaimana kita memperkuat organisasi ini sampai ke desa-desa supaya para petani ini menjadi petani cerdas, petani yang punya pengetahuan. Ekonomi Indonesia harus kita bangun berbasis pengetahuan. Tidak akan pernah ada kreativitas dan inovasi tanpa pengetahuan,” tutur Erikson Sianipar.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment