Hadiri Seminar HPN di Langkat, Ketua PWI Sumut: Wartawan Harus Profesional dan Beretika

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Langkat menggelar seminar Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 dan Peringatan HUT ke-76 di Hotel Grand Stabat, Selasa (22/02/2022) pagi

topmetro.news – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Langkat menggelar seminar Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 dan Peringatan HUT ke-76 di Hotel Grand Stabat, Selasa (22/02/2022) pagi.

Dalam kegiatan itu, Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH dan Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE, turut hadir dan memberikan selamat kepada insan pers.

Pada sambutannya, Syah Afandin menyampaikan, insan pers (wartawan) sangat berperan penting dalam pembangunan di negeri ini. Harapannya, wartawan bisa bersatu mampu menciptakan isu nasional dari daerahnya. Dan untuk tahun depan acara HPN bisa berlangsung di kawasan wisata Bukit Lawang. Sehingga apa yang dilakukan wartawan bisa menimbulkan manfaat bagi pedagang di daerah masing-masing.

“Kalau bisa PWI dan organisasi wartawan lain, bisa bersatu bekerjasama untuk memajukan Langkat. Sepanjang tujuannya sama, yaitu sama-sama untuk memajukan Langkat, akan lebih baik saling rangkul. Bila perlu untuk wartawan unit pemkab ditambah. Potensi wartawan di Langkat cukup strategis. Acara seperti ini kalau bisa tahun depan kita adakan di Bukit Lawang. Di mana dalam kegiatan wartawan, masyarakat dan pedagang di sekitarnya bisa mendapat penghasilan,” ujar Syah Afandin yang dapat aplaus para tamu undangan.

Selain itu, pria yang akrab dengan sapaan Ondiem ini juga berharap agar wartawan mengangkat isu positif daerah Langkat agar bisa lebih terkenal hingga ke tingkat nasional. Bahkan ke dunia internasional.

“Saya merasa senang. Karena banyak rekan-rekan pers yang peduli dengan kegiatan positif. Terima kasih kepada PWI Langkat, yang telah giat melaksanakan kegiatan sosial. Saya mengajak rekan-rekan wartawan, untuk mengangkat isu dari Langkat agar bisa ke skala nasional,” ujarnya

Orang nomor satu di Negeri Bertuah itu menegaskan, wartawan haruslah meningkatkan profesionalitasnya. “Sehingga, ada manfaat yang dirasakan. Bukan hanya kepada pemerintah. Tapi manfaatnya juga bisa terasakan oleh masyarakat di sekitar kita. Hal itu sudah berjalan dengan baik dan semoga bisa lebih baik,” tandasnya.

Apresiasi PWI Langkat

Di kesempatan yang sama, Farianda sangat mengapresiasi kinerja PWI Langkat sebagai Panitia Seminar HPN tersebut. Ia melihat, begita banyak karangan bunga yang mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan itu.

“Saya melihat, jejaring PWI Langkat sangat luar biasa. Itu menandakan, komunikasi dengan narasumber terjalin dengan baik,” ucap pemilik media cetak Medan Pos itu.

Pria berdarah Minang itu menegaskan, agar pengurus PWI di setiap daerah tetap solid dan tidak terpecah belah. “Saya tidak mau mendengar ada perselisihan dalam tubuh PWI. Jangan saling menjatuhkan. Kita harus profesional dan berkompeten,” lanjut Ketua Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Sumut itu.

Tentunya, kata Farianda, PWI akan terus berupaya untuk meningkatkan profesionalitas dan etika wartawan. Insan pers juga harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan peraturan yang mengikat profesi wartawan.

“Pada Maret medatang, PWI Sumut bekerjasama dengan SPS akan menggelar ujian kompetensi wartawan (UKW). Akan menerima 60 peserta dan Insya Allah akan terlaksana tiga kali dalam tahun ini. Kita membuka kesempatan untuk semua wartawan yang ingin ikut UKW. Tapi harus mengikuti aturan. Yakni, harus bersedia menjadi anggota PWI, jika ingin UKW,” tandas anak dari tokoh pers nasional (almarhum H Ibrahim Sinik) itu.

Pelaksanaan HPN yang diselenggarakan PWI Langkat ini dihadiri perwakilan dari Polres Langkat, perwakilan dari Kejakasaan Negeri Langkat, perwakilan dari Pengadilan Negeri Langkat, perwakilan dari BNNK langkat dan unsur Forkopimda Langkat serta Forkopimca. Berjalan sukses dengan menerapkan protokol kesehatan.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment