Ini yang Cocok Jenis Olahraga untuk Lansia

olahraga untuk lansia

TOPMETRO.NEWS – MEMILIH jenis olahraga untuk lansia (lanjut usia) memang penting. salah satu pilihannya yakni senam Tai chi.

Senam ini salah satu olahraga yang bagus karena memiliki manfaat bagi keseimbangan tubuh, memperbaiki kesehatan tulang dan jantung, meringankan rasa sakit, kekakuan dan arthritis, dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Tubuh pada usia 50 atau 60 tahun tidak sama dengan yang berusia 20 tahun.

Olahraga merupakan kunci untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik seiring dengan bertambahnya usia.

Tubuh dapat kehilangan masa otot ketika bertambah tua dan olahraga dapat membantu untuk membentuk kembali. Otot dapat membakar lebih banyak kalori daripada lemak, bahkan ketika tubuh beristirahat (saat proses metabolisme tubuh melemah).

Olahraga dapat membantu menghentikan, menunda, dan memperbaiki penyakit serius seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, penyakit alzheimer, arthritis, dan osteoporosis. Olahraga dapat membantu otak untuk tetap tajam dan mencegah terjadinya pikun.

Jenis olahraga pada orang tua berbeda dengan orang yang masih muda.

Olahraga kardio atau aerobik dapat menyebabkan detak jantung meningkat dan nafas menjadi cepat, dimana dapat membangun daya tahan tubuh dan membakar kalori.

Olahraga mengangkat beban dapat membantu membentuk otot. Melakukan senam dapat membantu tubuh menjadi lentur sehingga lebih lentur bergerak dan mencegah terjadinya cedera. Latihan keseimbangan setelah usia 50 tahun menjadi penting untuk mencegah jatuh dan tetap aktif.

Apakah Jenis olahraga Lansia?

Berjalan

Berjalan merupakan aktivitas sederhana dana efektif untuk meningkatkan stamina, memperkuat otot tubuh bagian bawah, dan membantu melawan penyakit tulang seperti osteoporosis.

Jogging

Jogging untuk membuat tubuh lebih berkeringat dan meningkatkan detak jantung. Gunakan sepatu yang tepat dan nyaman. Pilih lintasan yang datar untuk menghindari cedera.

Menari

Mengambil kelas menari seperti zumba atau aerobik. Menari dapat membantu ketahanan, memperkuat otot, dan meningkatkan keseimbangan. Menari memiliki banyak gerakan sehingga dapat membakar banyak kalori. Penelitian menunjukkan belajar gerakan saat menari dapat memberikan dampak baik bagi otak.

Bermain golf

Golf memiliki banyak keuntungan karena dapat memadukan beberapa aktifitas seperti berjalan dan ketika menggunakan seluruh tubuh untuk mengayunkan tongkat.

Bersepeda

Bersepeda bagus bagi seseorang yang memiliki nyeri sendi atau kaku pada sendi karena kaki tidak perlu menopang berat badan.

Gerakan kaki saat bersepeda dapat meningkatkan aliran darah dan membentuk otot pada bagian depan dan belakang kaki dan pinggul. Bersepeda juga dapat memperkuat tulang.

Tenis

Olahraga yang menggunakan raket seperti tenis dan bulu tangkis dapat membantu menurunkan resiko meninggal karena gangguan jantung. Bermain tenis 2-3 kali seminggu dapat membantu menurunkan lemak dan meningkatkan HDL, membangun tulang terutama pada bagian lengan, punggung, dan leher.

Berenang

Olahraga jenis ini dapat membantu untuk membangun otot dan tulang. Ketika berenang, tidak ada tekanan berat badan pada sendi. Berenang juga dapat membentuk otot dan tulang. Berenang dapat membakar kalori dan dapat menyehatkan jantung.

Yoga

Secara aktif melakukan beberapa gerakan yang dapat meregangkan dan memperkuat otot. Yoga dapat membantu menurunkan denyut jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan dan depresi.

Tai chi

Tai chi juga dikenal dengan meditasi bergerak. Gerakan pada tai chi perlahan dan lembut, mengalir dari satu posisi ke posisi berikutnya. Tai chi bagus untuk keseimbangan, memperbaiki kesehatan tulang dan jantung. Tai chi dapat membantu meringankan rasa sakit, kekakuan, dan arthritis. Bahkan dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Berapa Lama Olahraga Itu?

Jika dalam kondisi sehat, aktivitas fisik atau olahraga minimal 150 menit dalam seminggu. Luangkan waktu setidaknya dua kali seminggu khususnya untuk melatih otot pada kaki, pinggul, punggung, perut, dada, bahu, dan lengan.

Secara umum, semakin banyak frekuensi melakukan aktifitas fisik maka semakin banyak manfaat yang dapat diperoleh.

Usia bukan merupakan halangan untuk terus bergerak dan aktif. Pilihlah olahraga yang Anda sukai untuk membantu menjaga agar tubuh tetap bugar di usia lanjut.

sumber\foto | KAIROS
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment