Pilkades Serentak di Langkat Dijadwalkan 19 Juni, Fraksi Partai Gerindra Apresiasi Plt Bupati Langkat

Pilkades Serentak di Langkat Dijadwalkan 19 Juni

topmetro.news – Fraksi Partai Gerindra DPRD Langkat mengapresiasi kebijakan Plt Bupati Langkat Syah Afandin SH dalam menetapkan tahapan dan jadwal Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Langkat.

Hal itu disampaikan Dedek Pradesa SSos, Ketua Fraksi Gerindra kepada awak media di ruangan kerjanya, Senin (21/3/2022).

“Seperti yang kita ketahui bersama, Pilkades Serentak di Kabupaten Langkat akan dilaksanakan pada Hari Minggu mendatang, 19 Juni 2022, dan telah ditetapkan oleh Plt Bupati Langkat. Yang mana hal ini berarti senada dan searah dengan hasil RDP Komisi A beberapa waktu yang lalu. Ini merupakan langkah dan terobosan terbaru dalam kemajuan demokrasi, khususnya demokrasi di pedesaan,” ujar Dedek.

Untuk itu, sambung Dedek, pihaknya mengapresiasi dan mendukung penuh kebijakan Plt Bupati Langkat yang telah memutuskan jadwal pemungutan suara dalam Pilkades serentak mendatang di Kabupaten Langkat.

Di tempat yang sama, hal senada juga disampaikan Zulhijar SPd, Wakil Ketua Fraksi Gerindra. Dirinya turut mengapresiasi dan mendukung keputusan jadwal Pilkades serentak oleh Plt Bupati Langkat.

“Langkah Plt Bupati Langkat dalam menetapkan jadwal pencoblosan serentak pada hari Minggu (19/6/2022) yang akan datang merupakan keputusan yang baik dalam kemajuan demokrasi di Kabupaten Langkat,” ucap Zulhijar.

Pencoblosan yang dijadwalkan pada Hari Minggu, akan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat desa dalam memilih pemimpin di desanya. Sebab, rata-rata masyarakat bekerja pada hari biasa (Senin-Sabtu). “Sehingga nantinya dapat meluangkan waktu dalam melakukan pencoblosan,” jelasnya.

Selain itu, kata Zulhijar, keputusan tahapan dan jadwal Pilkades Serentak yang telah dikeluarkan Plt Bupati Langkat, dapat mengurangi ‘cost politic’ masing masing peserta calon kepala desa (kades) maupun Panitia Pilkades Serentak.

“Ini merupakan terobosan perdana pelaksanaan Pilkades Serentak di Sumatera Utara. Dengan jadwal dan tahapan Pilkades Serentak yang telah ditetapkan ini, diharapkan menjadi ‘pilot project’ dalam memajukan demokrasi di Indonesia, khususnya Kabupaten Langkat,” pungkasnya.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment