Asisten I: PKK Berfungsi Sebagai Fasilitator, Perencana, Pelaksana, Pengendali dan Penggerak

Asisten I: PKK Berfungsi Sebagai Fasilitator, Perencana, Pelaksana, Pengendali dan Penggerak

topmetro.news Bupati Asahan melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Buwono Prawana SIP MSi membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) PKK Asahan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (22/3/2022).

Kadis PMD Asahan Suherman Siregar SSTP menyampaikan tujuan Rakornis untuk meningkatkan kerjasama PKK Kabupaten, OPD selaku pembina, Kecamatan, Desa/Kelurahan dalam menciptakan gerakan nasional keluarga pelopor perubahan, melalui pembinaan karakter keluarga, pendidikan, peningkatan ekonomi, penguatan ketahanan, kesehatan dan lingkungan.

Selanjutnya untuk terinformasinya kebijakan Pemkab Asahan ke Kecamatan dan Desa/Kelurahan dalam hal persamaan persepsi dan keterpaduan pengelolaan gerakan PKK. Serta terindentifikasinya upaya pemecahan masalah terhadap aspek kelembagaan, program dan administrasi PKK.

Bupati Asahan dalam pidato tertulisnya yang Asisten I wakilkan mengatakan PKK merupakan mitra Pemerintah berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak untuk terlaksananya program PKK yang mendasari terciptanya kegiatan. Demi terwujudnya visi misi Pemkab Asahan sejahtera, religius dan berkarakter.

Lebih lanjut, Asisten mengatakan Rakornis ini merupakan forum yang strategis untuk mengevaluasi dan juga identifikasi masalah. Sehingga keberadaan PKK ditengah masyarakat jelas manfaatnya dan mampu memberikan kontribusi. Dalam pengemban dan juga pemanfaatan potensi sumber daya, cinta dan juga bangga menggunakan produk lokal.

“Melalui Rakornis ini, PKK dapat mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Untuk memantapkan dan menyempurnakan kebijakan pengelolaan gerakan PKK, serta mampu berkreasi dan inovatif. Kepada segenap jajaran PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan diharapkan mampu memberikan bimbingan, motivasi kepada masyarakat,” kata Asisten I.

Ibadah Puasa

Akhir sambutannya, Asisten I mengatakan dalam menyambut bulan Ramadhan 1443 H yang suci ini. Kiranya mempunyai makna tersendiri bagi seluruh umat Islam. Saya mengajak kita semua untuk menjalankan ibadah puasa dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Tetaplah patuhi prokes untuk menekan penyebaran covid 19. Pakai masker, hindari kerumunan, jaga jarak dan juga cuci tangan pakai sabun.

Dalam kesempatan itu juga, Asisten I menyerahkan hadiah pemenang lomba HKG PKK tingkat Provsu. Yakni juara II Desa Pasiran Kecamatan Sei Dadap katagori kabupaten terbaik tertib administrasi.

Juara I Desa Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu katagori kabupaten terbaik PAAR, lalu juara V Desa Marjanji Aceh Kecamatan Aek Songsongan kategori kabupaten terbaik UP2K PKK. Juara II Desa Taman Sari Kecamatan Pulau Bandring katagori kabupaten terbaik hatinya PKK dan juara III Puskesmas Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane katagori kabupaten terbaik IVA test

Sebagai narasumber, Ir Siti Aisyah Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Ir Risna Wati Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Asahan. Lalu juga drh Irvansyah Batubara Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Asahan.

 

Penulis: En

Related posts

Leave a Comment