Bupati Samosir Hadiri Pembukaan Musrenbang RKPD Sumut Tahun 2023

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menghadiri acara pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023.

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom menghadiri acara pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi membuka kegiatan itu di Aula Hotel Santika Dyandra Medan, Rabu (30/3/2022). Hadir Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, unsur Forkopimda Sumut, bupati/walikota se-Sumut.

Bersama dengan Gubsu, Bupati Samosir beserta rombongan kepala daerah berangkat dari Gubernuran menuju lokasi Musrenbang menggunakan sepeda motor. Ini sebagai bentuk kebersamaan antara pimpinan daerah dalam memajukan ‘Sumut yang Bermartabat’, sesuai dengan Misi Pemprov Sumut Tahun 2023.

Dalam sambutannya Gubsu memaparkan program strategis RKPD Sumut Tahun 2023. Di mana salah satunya mengejar pembangunan infrastruktur yang tertinggal akibat Pandemi Covid-19.

Pemprov Sumut menargetkan penanganan perbaikan jalan strategis provinsi sampai dengan kondisi baik dengan total panjang keseluruhan 497,14 km se-Sumut. Dalam hal ini Kabupaten Samosir akan mendapatkan perbaikan jalan provinsi sepanjang 9 km. Meliputi peningkatan struktur Jalan Gonting-Janji Raja sepanjang 4 km. Lalu, Ruas Simarmata-Simpang Sinapuran sepanjang 2.5 km. Serta Ruas Palipi-Parmonangan sepanjang 2.5 km.

Selain itu, Pemprov Sumut juga akan melakukan optimalisasi jaringan irigasi, pembangunan sistem penyediaan air bersih (SPAM), rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 1.000 unit.

Kemudian, penyediaan energi listrik sebanyak 8745 KK untuk keluarga miskin, pemberian bantuan dan pembangunan pada sektor pendidikan. Peningkatan pencapaian indeks kesehatan sebesar 75,75-76,25 poin. Serta peningkatan pada bidang pertanian untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan ekspor.

Dalam hal ini Gubsu berharap kepada seluruh bupati/walikota, Forkopimda dan seluruh perangkat desa se-Sumut agar bersinergi untuk mewujudkan Sumut bermartabat rakyat sejahtera.

“Saya berharap ini menjadi komitmen kita bersama untuk mewujdukan sumut yang bermartabat dan rakyat sejahtera,” tutup Gubsu.

reporter | Tetty Naibaho

Related posts

Leave a Comment