DPRD Medan Minta Dinkes Reformasi Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

DPRD Medan Minta Dinkes Reformasi Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

topmetro.news Sejumlah anggota Komisi II DPRD Medan sepakat mendesak Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan dr Taufiq Ririansyah melakukan reformasi publik soal peningkatan pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyatakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit (RS) Pirngadi Medan.

Sehingga citra buruk pelayanan Puskesmas dan RS Pirngadi yang sempat melekat di masyarakat bisa pulih kedepannya.

Sejumlah anggota Komisi II DPRD Medan yang membidangi kesehatan itu menyampaikan desakan itu saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Kesehatan di ruang komisi beberapa waktu lalu. Rapat tersebut di pimpin Wakil Ketua Komisi Sidari ST didampingi Sekretaris Komisi Dhiyaul Hayati bersama Haris Kelana Damanik ST, Afif Abdillah, Johannes Hutagalung dan Janses Simbolon. Hadir Kepala Dinkes dr Taufiq Ririansyah didampingi stafnya dr Surya S Pulungan.

“Kadinkes harus mampu berinovasi lakukan perbaikan pelayanan kesehatan di Puskesmas,” imbuh Haris.

Selain pembenahan fasilitas Puskesmas, ia juga meminta perubahan pelayanan tata krama tenaga medis.

“Cara komunikasi yang ramah kepada pasien. Penting perbaikan mental di Puskesmas,” ujarnya.

Pelayanan Baik

Anggota lain juga menyampaikan kritikan lainnya. Yakni Afif Abdillah minta Kepala Dinas Kesehatan mampu memberikan pelayanan prima di Puskesmas dan Rumah Sakit.

“Pastikan perawat dengan ramah. Komunikatif dengan bahasa yang santun,” ujar Afif.

Tambahnya, bagi tenaga medis yang ada di Puskesmas sudah terlatih dan memiliki sertifikasi. Begitu juga untuk mendukung pelayanan prima maka, setiap Puskesmas sarannya memiliki Call Center dan mengarah ke digital pelayanan.

Sedangkan anggota dewan lainnya Johannes Hutagalung menyoroti terkait SDM tenaga medis yang perlu meningkat.

“Yang pasti mulai tenaga medis dan pegawai lainnya harus mempelajari tentang psikologis. Sehingga antara pelayan dan yang dilayani dapat saling paham,” sebut Johannes.

Begitu juga dengan sorotan yang Wakil Ketua Komisi II Sudari ST sampaikan, ia menyebut pelayanan Puskesmas di Medan saat ini banyak yang tidak layak. Sudari minta Kepala Dinas Kesehatan Taufiq Ririansyah supaya serius melakukan perubahan perbaikan.

“Petugas di Rumah Sakit Pirngadi dan Puskesmas banyak yang memberi pelayanan butuk krpada pasien. Jangan saat anggota dewan saja yang menghubungi terlihat humanis tapi harus lah kepada masyarakat juga,” pinta Sudari.

Selain itu Sudari mengingatkan Kadinkes supaya menindaklanjuti pembuatan dokumen AMDAL seluruh Puskesmas di Medan.

Menyikapi sorotan dewan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Taufiq Ririansyah mengatakan,  terkait pelayanan tenaga medis di Puskesmas yang tidak humanis, saat ini pihaknya sudah mulai menerapkan 3 M yakni Senyum Sapa dan Sentuh. Kepada petugas Nakes, ia tetap menekankan kepada petugas agat memperbaiki pelayanan dan meningkatkan etika.

Selain itu Taufiq mengatakan sudah menginstruksikan kepada setiap Puskesmas sudah mulai menerapkan sistem resepsionis. Hal itu guna menjembatani pasien dengan petugas. Taufiq juga mengatakan sedang menggalakkan pelatihan dan tata krama kepada semua petugas.

 

reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment